16 Fitur Baru iOS 13 dan Daftar iPhone yang Kebagian

iOS 13 ini akan dapat diinstal pada seri iPod Touch generasi ke 7, iPhone SE, iPhone 6S dan keatas.

Handoyo Saputra | 8 Juni 2019

iOS 13 dark mode
Apple

Pada ajang konferensi developer bertajuk WWDC 2019 yang digelar oleh Apple pada awal Juni lalu, Apple memperkenalkan update sistem operasi untuk iPhone yaitu iOS 13. Berbagai fitur baru yang telah lama ditunggu-tunggu seperti dark mode akhirnya hadir di sistem operasi ini. Berikut daftar 16 fitur baru yang menarik di iOS 13:

Dark mode
Fitur ini membuat tampilan iOS berwarna gelap dengan didominasi warna hitam. Dengan mengaktifkan fitur ini maka dapat menghemat daya baterai dan membuat layar lebih ramah dilihat pada malam hari. Sebelumnya fitur dark mode sudah hadir di MacOS Mojave, sekarang fitur ini juga hadir untuk iPhone dan iPad.

Aplikasi Photos mendapat tampilan baru
Bagi pengguna yang gemar menjepret foto di iPhone biasanya akan memiliki banyak foto kembar yang membuat tampilan galeri foto menjadi kurang menarik. Pada iOS 13 kini pengguna dapat melihat momen terbaik setiap hari, bulan, dan tahun yang akan menampilkan beberapa foto terbaik yang pernah diambil tanpa menampilkan foto-foto kembar.

Edit foto dan video langsung dari galeri
Aplikasi Photos mendapat tools dan filter baru untuk mengedit foto tanpa perlu menginstal aplikasi tambahan. Tools tersebut juga dapat digunakan untuk mengedit video seperti koreksi warna atau memutar orientasi video.

Sign in with Apple
Ketika menggunakan aplikasi pihak ke 3 dan mengharuskan pengguna untuk login, biasanya pengguna disuguhkan pilihan untuk sign in menggunakan akun Google atau Facebook. Sekarang Apple memberi pilihan untuk sign in menggunakan akun Apple. Apple mengklaim Sign in with Apple lebih praktis karena tidak perlu memasukkan username atau password. Pengguna cukup melakukan otentikasi menggunakan FaceID atau TouchID.

FaceID lebih cepat
Bagi pengguna iPhone X dan keatas yang menggunakan FaceID maka proses membuka kunci akan lebih cepat. Apple mengklaim proses membuka kunci iPhone menggunakan FaceID akan lebih cepat 30% dibanding iOS 12. 

Aplikasi terbuka lebih cepat
Apple mengklaim bahwa aplikasi pada iOS 13 akan dapat dibuka 2X lebih cepat dibanding iOS 12 dan ukuran file download akan menjadi lebih kecil. Hal ini membuat pengguna dapat menghemat data internet ketika mendownload update aplikasi dari App Store.

Controlled Sharing 
Ketika dihubungi orang lain menggunakan iMessage atau telepon dan kita belum menyimpan kontaknya maka biasanya hanya akan muncul nomor orang tersebut. Pada iOS 13 akan menunjukkan nama dan foto orang yang menghubungi kita. Kita dapat menentukan nama dan foto yang nantinya dapat dilihat orang lain saat kita hubungi.

Kostumisasi Memoji
Memoji mendapat update kostumisasi baru. Pengguna kini dapat menambahkan makeup, anting-anting, celah gigi, gaya rambut baru, dll. Dengan update tersebut pengguna dapat lebih mengekspresikan dirinya melalui avatar Memoji.

Stiker Memoji
iOS 13 mengijinkan pengguna untuk membuat stikernya sendiri dengan menggunakan avatar Memoji. Stiker tersebut dapat di atur sesuai keinginan dan kemudian dapat digunakn pada iMessage untuk membalas pesan.

Peningkatan Apple Maps
Apple Map mendapat update lebih detail dan mode 3D. Apple mengklaim bahwa Apple Maps telah dibuat ulang dari dasar dan beberapa lokasi seperti jalan raya, taman, pantai, bangunan dll akan terlihat lebih detail dari sebelumnya. Apple Maps juga akan mendapat fitur yang menyerupai Google Street Views.

QuickPath Typing
Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengetik lebih cepat dengan cara menggeser jari dari satu huruf ke huruf lainnya. Pada Android fitur ini bernama gesture typing.

Siri lebih pintar
Berkat teknologi neural TTS, Siri memiliki suara yang lebih manusiawi dibanding sebelumnya. Pada iOS 13 Siri juga akan dapat lebih memahami apa yang dikatakan penggunanya lebih baik.

Apple CarPlay mendapat tampilan baru
Dashboard pada Apple CarPlay mendapat tampilan baru yang berfokus pada musik. Kini musik pada CarPlay menampilkan album art yang membuat pencarian musik menjadi lebih mudah.

Fitur baru pada AirPod
Sebelumnya sebuah iPhone hanya dapat dipasangkan dengan sepasang AirPod, sekarang iPhone dapat dipasangkan dengan 2 pasang AirPod. Pengguna dapat mendengarkan musik atau menonton film yang sama dengan temannya menggunakan AirPodnya masing-masing.

Aplikasi Siri Shortcut
iOS 13 akan dirilis dengan aplikasi Siri Shortcut. Siri Shortcut sendiri adalah rangkaian tugas yang dapat dikerjakan oleh Siri dengan mengucapkan perintah tertentu. Siri Shortcut juga akan dapat diatur untuk berjalan secara otomatis pada waktu tertentu atau ketika berada pada lokasi tertentu.

Privasi dan keamanan
iOS 13 menghadirkan kontrol privasi yang lebih baik terutama untuk aplikasi yang menggunakan data lokasi. Pengguna akan mendapat pemberitahuan ketika ada aplikasi yang berjalan di background dan menggunakan data lokasi. Pengguna dapat mencabut ijin penggunaan data lokasi pada aplikasi tersebut jika diinginkan.

Menurut laporan dari The Verge, iOS 13 ini akan dapat diinstal pada seri iPod Touch generasi ke 7, iPhone SE, iPhone 6S dan keatas. Untuk pengguna iPhone 6 sudah tidak akan mendapat update iOS 13 ini. Berikut daftar lengkap perangkat yang kebagian iOS 13:

  1. iPod Touch generasi ketujuh
  2. iPhone SE
  3. iPhone 6S
  4. iPhone 6S Plus
  5. iPhone 7
  6. iPhone 7 Plus
  7. iPhone 8
  8. iPhone 8 Plus
  9. iPhone X
  10. iPhone XR
  11. iPhone XS
  12. iPhone XS Max

TagsBreaking News
TagsTechnology
visibility 951

Artikel Lainnya

Artikel Terbaru