5 Cara Memilih HP Gaming Terbaik Namun Terjangkau

Hiburan yang didapat dari bermain game tidak akan maksimal jika ponsel yang digunakan tidak tepat

Handoyo Saputra | 7 Maret 2022

Game

Main game di HP saat ini telah menjadi kebutuhan banyak orang. Bahkan yang tadinya jarang main game pun, banyak yang jadi menyukai bahkan tidak ketinggalan main game setiap harinya.

Bagaimana lagi, main game di HP menjadi salah satu hiburan yang terjangkau dan juga aman di masa pandemi ini. Masyarakat kini cenderung memilih untuk mencari di rumah daripada keluar di keramaian.

Tak heran pula jika pemakaian internet saat ini semakin naik. Popularitas game online pun semakin menanjak. Dari mulai game yang diunduh gratis di ponsel, game berbayar, hingga game yang dimainkan di situs tertentu seperti M88 link.

Agar dapat main game dengan lancar, spesifikasi ponsel yang tepat tentu saja penting. Hiburan yang didapat dari main game tidak akan maksimal jika ponsel yang digunakan tidak tepat.

Nah, untuk mendapatkan pengalaman main game yang terbaik, Anda juga harus jeli memilih ponsel yang sesuai. Bagi yang ingin membeli smartphone yang oke untuk dipakai main game, simak dulu beberapa tipsnya berikut ini:

Perhatikan kualitas layar

Pengalaman gaming akan semakin seru jika didukung dengan layar smartphone yang sesuai. Sebaliknya, main game bisa jadi malah uring-uringan saat kualitas layar tidak mendukung game yang dimainkan.

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah tingkat resolusi layar. Pastikan Anda memilih ponsel dengan resolusi yang bagus, yaitu minimal layar Full HD, atau yang setara dengan 1080p.

Semakin besar resolusi layar, maka akan semakin bagus kualitasnya dan akan semakin mantap saat dipakai gaming. Tapi, hal ini juga mempengaruhi konsumsi daya baterai. Semakin tinggi kualitas layar, konsumsi baterainya pun akan lebih boros. 

Selain resolusi, Anda juga perlu memperhatikan ukuran layar jika ingin ponsel yang pas untuk main game. Ponsel yang asyik untuk dipakai gaming biasanya memiliki ukuran lebih dari 5 inci. Dengan begitu akses dan kontrol pada layar lebih leluasa, dan grafik game pun dapat lebih terlihat jelas.

Perhatikan RAM dan prosesor

Saat memilih ponsel baru, RAM dan prosesor pastinya tidak boleh dilewatkan untuk diperhatikan. Ponsel yang lancar dipakai gaming biasanya memiliki RAM yang cukup besar, atau minimal 4 G. Jika Anda memiliki budget lebih, pilihlah RAM minimal 6 G agar game yang dimainkan juga menjadi lebih lancar.

Selain RAM, prosesor dalam sebuah ponsel juga mempengaruhi performanya, terutama saat dipakai gaming. Jenis prosesor selalu mengalami update setiap saat, dan biasanya prosesor mutakhir keluaran terbaru akan memiliki performa yang lebih baik.

Jika Anda mencari ponsel gaming dengan harga terjangkau, carilah minimal prosesor Snapdragon 625. Namun jika memiliki budget lebih, carilah model keluaran yang lebih canggih, seperti Snapdragon 865.

Memori internal

Umumnya game memerlukan pengunduhan file yang cukup besar. Karena itu diperlukan smartphone dengan memory internal yang cukup besar. Agar ngegame lebih lancar, pilihlah ponsel dengan memori internal minimal 64 GB.

Ponsel dengan memori internal yang lebih rendah dikhawatirkan akan cepat menjadi penuh, sehingga Anda tidak bisa leluasa mengunduh atau menyimpan beberapa game dalam satu waktu.

Kapasitas baterai besar

Main game adalah kegiatan yang banyak memakan daya baterai ponsel. Apalagi saat asyik main game, biasanya tidak terasa sampai berjam-jam lamanya. Agar baterai tidak cepat habis saat sedang asyik main game dan juga tidak terlalu sering mencharge ponsel, pilihlah ponsel dengan daya baterai yang cukup besar, yaitu minimal 3.000 mAh.

TagsSponsored
TagsTips & Trick
visibility 4.901

Artikel Lainnya

Artikel Terbaru