Alasan Saat Mendownload dari Internet Sering di-redirect ke Website Lain dan Cara Mencegahnya

Sering kali kita juga menemui tombol download yang sangat banyak dalam sebuah halaman website

Handoyo Saputra | 8 Oktober 2018

Advertising
Cambly Content

Pernahkan kalian mengunduh file dari internet namun diarahkan ke website lain? biasanya ketika menekan tombol download lalu muncul window/tab baru yang berisi website jual beli, website untuk mengunduh game, atau mungkin website yang hanya berisi artikel. Kenapa bisa terjadi hal seperti itu?

Jika kalian pernah mengalaminya kemungkinan besar kalian sedang mengunduh file bajakan seperti musik, film, atau software. Website yang menyediakan file bajakan biasanya mencari keuntungan melalui iklan. Namun iklan yang ada di website seperti ini sangat menjengkelkan karena sering kali kita diarahkan ke website yang tidak kita inginkan.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, karena dengan mengarahkan pengguna ke website tertentu, pemilik website bisa mendapatkan keuntungan.

Skema bisnisnya seperti ini:

  1. Misalnya ada seorang developer game yang ingin mengiklankan gamenya agar diunduh oleh banyak orang, selanjutnya kita sebut sebagai pengiklan.
  2. Ada pemilik website yang berisi film bajakan, selanjutnya kita sebut sebagai webmaster.

Agar sebuah website bisa terus online, webmaster harus membayar biaya sewa domain dan hosting. Selain itu webmaster pasti menginginkan keuntungan dari websitenya. Untuk mendapatkan uang dari website bisa dilakukan dengan memberi iklan pada website tersebut.

Penyedia iklan yang paling umum adalah Google Adsense. semakin banyak orang melihat iklan pada website, maka semakin banyak uang yang diperoleh webmaster. Karena itu webmaster akan melakukan berbagai cara agar pengunjung melihat lebih banyak iklan di websitenya.

Namun beberapa webmaster menginginkan keuntungan yang lebih besar tidak hanya dari iklan Google Adsense saja. Dalam kasus ini webmaster dan pengiklan memiliki hubungan yang saling menguntungkan.

Pengiklan akan membayar sejumlah uang kepada webmaster agar mengarahkan pengunjung websitenya untuk mengunduh game miliknya. Biasanya terjadi ketika kita menekan tombol donwload namun malah membuka window/tab baru. Itulah alasan kenapa kita sering melihat banyak tombol download pada sebuah halaman website.

Lalu bagaimana cara mencegah hal tersebut? apakah itu bisa dihindari dengan menggunakan AdBlock?

Beberapa AdBlock memang memiliki fitur untuk mencegah pop up window atau auto redirect ke website lain. Namun hal itu sudah diantisipasi oleh beberapa webmaster. Mereka memasang script untuk mendeteksi apabila pengunjung websitenya menggunakan AdBlock, kemudian membuat pop up yang berisi peringatan untuk mematikan adblock terlebih dahulu.

Cara terbaik untuk menghindari hal tersebut adalah dengan tidak mengunjungi situs website bajakan, karena praktik seperti ini hanya terjadi pada webiste-website tidak resmi. Namun apabila anda terpaksa harus mengunduh dari website tidak resmi seperti ini, berikut tips & trick dari KaptenTekno yang dapat kalian terapkan:

1. Selalu tutup jika ada popup membuka window baru. Untuk mengunduh file yang kita inginkan, biasanya kita diarahkan terlebih dahulu ke sebuah halaman yang berisi banyak iklan. Jika kita dipaksa membuka window baru, maka segeralah tutup window tersebut karena sudah pasti itu hanya berisi iklan.

2. Perhatikan nama file yang akan kita unduh. Jika kita sedang mengunduh film, namun file yang terunduh bernama abcde.exe berarti kita telah mengunduh file yang salah. perhatikan format dari file tersebut exe adalah format sebuah program.

Jadi segera batalkan pengunduhan. Untuk file video, format yang umum adalah mkv, mp4, flv, avi, mov, mpg. sedangakan untuk musik, format yang paling umum adalah mp3 atau wav. Namun terkadang file tersebut ditaruh didalam zip/rar, sehingga kita tidak dapat mengecek apakah kita sudah mengunduh file yang benar.

3. Hindari website yang terlalu banyak iklan. Hampir semua website memang membutuhkan iklan untuk memperoleh keuntungan, namun jumlah iklan yang terlalu banyak tentu sangat menggangu.

Karena itu jika kalian membuka website yang menampilkan terlalu banyak iklan, sebaiknya segera tutup website tersebut.

TagsTips & Trick
visibility 6.517

Artikel Lainnya

Artikel Terbaru