Alasan VGA Menjadi Langka dan Harganya Melambung Tinggi

VGA merupakan hardware untuk menampilkan gambar pada layar monitor

Handoyo Saputra | 15 November 2021

VGA for mining

VGA adalah singkatan dari Video Graphics Array yang merupakan hardware untuk menampilkan gambar pada layar monitor. Namun belakangan VGA semakin langka. Kalau pun tersedia harganya benar-benar melambung tinggi.

Padahal VGA adalah hal yang tentunya sangat dibutuhkan banyak orang terutama para gamers. Tanpa adanya VGA yang bagus maka tentunya game yang ditampilkan tidak akan bisa maksimal.

Karena layar monitor tentunya adalah hal yang paling penting dalam bermain game, jika tidak ada VGA maka bagaimana bisa bermain game dengan baik.

Maka dari itu Kamu pasti merasa penasaran dengan kenyataan bahwa VGA saat ini menjadi sangat langka bukan?

Alasan VGA Saat Ini Langka

Sejak beberapa tahun ke belakang ini, adanya trend investasi cryptocurrency atau mata uang crypto kususnya Bitcoin memang menjadi penyebab utama langkanya VGA.

Para penambang crypto atau yang sering disebut sebagai miners jumlahnya meningkat beberapa tahun belakangan ini. Dalam melakukan mining atau penambangan crypto maka para miners akan membutuhkan komputer dengan perangkat yang canggih.

Dengan meningkatnya penambang crypto mengakibatkan krisis VGA terjadi. Karena VGA juga merupakan perangkat keras yang sangat dibutuhkan oleh para miners.

Lalu dampak dari VGA yang laris di pasaran, menyebabkan VGA pun diperbarui untuk memenuhi kebutuhan pasar. Kemudian hal ini juga dimanfaatkan oleh para scalper VGA atau oknum yang membeli VGA besar-besaran dan menjualnya dengan harga tinggi. Sehingga akhirnya ini pun menjadi salah satu Alasan VGA menjadi langka.

Follow KaptenTekno di Twitter & Facebook

TagsBusiness
TagsTechnology