Analisa Goodra untuk PVP dan PVE di Pokemon GO

Goodra adalah pokemon dengan defense stat yang tinggi dan memiliki akses fast move Dragon Breath

Handoyo Saputra | 3 Mei 2021

Goodra Pokemon GO

Goodra adalah pokemon bertipe Dragon yang pertama kali diperkenalkan di Kalos region (Gen 6). Tubuhnya berwarna ungu dan dilapisi dengan lendir.

Ketika dekat dengan seseorang, Goodra akan memeluk mereka dan membuat mereka dilapisi lendir. Karena sifatnya yang lemah lembut dan ramah, Goodra sering diejek karena dianggap sebagai pokemon naga yang lemah.

Goodra memiliki base stat yang bagus dengan Attack 220, Defense 242, Stamina 207, dan max CP pada level 50 yaitu 3963. Karena itu tidak heran jika pokemon ini dikategorikan sebagai pseudo-legendary sepertihalnya Salamance, Dragonite, Hydreigon, dan Garchomp.

Goodra adalah evolusi terakhir dari Goomy. Sepertihalnya pseudo-legendary lain, Goomy bisa dipastikan akan sangat langka di alam liar mirip seperti Deino dan Gible.

shiny goodra

Shiny Goodra

Goomy memerlukan 25 candy untuk berevolusi menjadi Sliggoo. Dan Sliggoo memerlukan 100 candy untuk dapat berevolusi menjadi Goodra. Di Pokemon GO, Sliggoo hanya bisa berevolusi menjadi Goodra pada cuaca hujan atau dengan menggunakan Rainy Lure Module.

Rainy Lure Module adalah jenis Lure baru yang dapat dipasang di Pokestop untuk mendatangkan pokemon bertipe Water, Bug, dan Electric. Lure ini juga dapat digunakan untuk mengevolusi Sliggoo menjadi Goodra. Rainy Lure Module dapat dibeli melalui in game shop.

Sebagai pokemon bertipe Dragon, Goodra lemah terhadap Ice, Fairy, Dragon dan kebal terhadap Electric, Fire, Grass, dan Water. Pokemon ini akan mengalami weather boosted pada cuaca windy.

Goodra memiliki moveset yang cukup bagus. Pokemon ini dapat mempelajari fast move Dragon Breath, Water Gun dan charge move Draco Meteor, Power Whip, Sludge Wave, dan Muddy Water.

Jika ingin menggunakan Goodra sebagai Dragon type attacker untuk PVE, sebaiknya menggunakan Dragon Breath - Draco Meteor. Untuk raid battle, sayangnya Goodra masih belum bisa mengalahkan pokemon naga lainnya.

Sebagai gambaran untuk raid melawan Palkia, menurut data dari Pokebattler (tanpa shadow dan mega) Goodra menempati peringkat ke 26 dengan moveset Dragon Breath - Draco Meteor. Peringkat atas masih dipegang oleh Rayquaza, Salamance, Dialga, Zekrom, Haxorus dan Palkia.

Namun hal tersebut sangat berbeda untuk PVP. Goodra adalah pokemon dengan defense stat yang tinggi dan memiliki akses fast move Dragon Breath. 2 hal tersebut sudah cukup untuk membuat pokemon ini menjadi meta relevan di Go Battle League.

Goodra akan menjadi pokemon naga terbaik pada Ultra Premier Cup. Menurut data dari PVPoke , Goodra menempati peringkat ke 8 pada Ultra Premier Cup dengan moveset Dragon Breath - Power Whip dan Muddy Water.

Goodra memerlukan 75.000 stardust dan 75 candy untuk membuka secondary charge move. Goodra dapat mengalahkan pokemon meta seperti Venusaur, Swampert, Empoleon, Charizard, dan menang tipis melawan Dragonite pada 1 shield scenario.

Tidak hanya di Ultra Premier Cup, Goodra juga sangat baik untuk Master League. Pokemon ini menempati peringkat ke 19 di Master League dengan moveset Dragon Breath, Muddy Water, dan Draco Meteor.

Goodra dapat mengalahan Giratina Origin, Giratina Altered, Kyogre, Groudon, dan Snorlax pada 1 shield scenario. Namun di Master League banyak pokemon naga yang bisa mengalahkan Goodra seperti Dialga, Dragonite, dan Garchomp.

Kesimpulan: Goodra adalah dragon pseudo-legendary yang sangat bagus untuk PVP. Meskipun pokemon ini kalah bersaing untuk PVE dengan pokemon naga lainnya, namun pokemon ini memiliki base stat dan moveset yang cocok untuk Go Battle League.

Disclaimer: Niantic dapat mengubah moveset pokemon sewaktu-waktu. Peringkat yang ditampilkan pada Pokebattler dan PVPoke dapat berubah sewaktu-waktu ketika ada perubahan meta. Jika ada saran pokemon apa yang ingin dibahas di KaptenTekno, tulis di komentar!

TagsPokemon GO
visibility 6.317

Artikel Lainnya

Artikel Terbaru