Analisa Jumlah Daya yang Digunakan AC pada Mobil Listrik Tesla

Semakin kecil perbedaan antara suhu lingkungan dengan suhu di kabin, maka jumlah energi yang diperlukan juga berkurang

Handoyo Saputra | 9 Oktober 2022

visibility 2.701
Tesla

Tesla merupakan salah satu perusahaan mobil listrik terlaris di dunia. Menurut data Inside EVs, pada tahun 2021 saja Tesla Model 3 tercatat telah terjual sebanyak 500.713 unit di seluruh dunia. 

Secara umum, mobil listrik Tesla bekerja dengan baik melawan para pesaingnya. Mereka memenuhi standar emas dalam efisiensi energi.

AC pada sebuah mobil listrik Tesla menggunakan daya 1 hingga 2kW. AC menjadi lebih hemat energi jika perbedaan antara suhu lingkungan dan kabin berkurang. 

Tesla akan menggunakan 2 kW untuk mendinginkan kabin menjadi 21°C jika suhu lingkungan berada pada 43°C. Pada suhu lingkungan yang sama, Tesla hanya memerlukan 0,2 kW saja untuk mendinginkan suhu kabin menjadi 29°F.

Berikut adalah hubungan antara perbedaan suhu dengan jumlah daya yang diperlukan menurut ElectricCarFAQs.

Suhu Lingkungan Suhu Target Perbedaan Suhu Daya yang Digunakan
43°C 21°C 22°C 2 kW
43°C 26°C 17°C 1 kW
43°C 29°C 14°C 0,5 kW

Semakin kecil perbedaan antara suhu lingkungan dengan suhu di kabin, maka jumlah energi yang diperlukan juga berkurang. Hal ini juga berlaku sebaliknya.

Menggunakan AC akan mengurangi jangkauan mobil listrik. Ini karena AC perlu bekerja lebih keras untuk mendinginkan kabin.

Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan jangkauan:

  • Matikan AC jika tidak diperlukan: Ini akan meningkatkan jangkauan Anda secara dramatis terutama jika Anda melakukan perjalanan singkat.
  • Kurangi kecepatan: mengurangi kecepatan akan menghemat daya.
  • Berkendara dengan baterai penuh: gunakan setiap kesempatan untuk mengisi daya baterai Tesla Anda.

Untuk wilayah Indonesia terutama di Jakarta dengan suhu lingkungan panas dan sering kali mengalami kemacetan, maka merawat AC mobil merupakan hal yang sangat penting. Anda tidak akan kesulitan mencari tempat untuk service AC mobil di Jakarta.

Jika Anda memiliki kemampuan untuk melakukan perawatan mobil sendiri, hal itu akan lebih menghemat pengeluaran Anda. Saat ini sudah banyak alat bengkel yang dapat dibeli secara online

Follow KaptenTekno di Twitter & Facebook

TagsTechnology
visibility 2.701