Cara Jitu Memperbaiki Mouse Delay dalam Game di Windows 11

Masalah Ini Memang Mengganggu, Tetapi Ada Banyak Trik untuk Menanganinya

Dedy Reinaldy | 27 April 2023

Gaming mouse

Kombinasi mouse dan keyboard yang sempurna adalah bagian utama dari pengaturan gaming PC mana pun. Selain layar 120Hz+, GPU yang kuat, dan pencahayaan RGB, kita jelas membutuhkan mouse berkecepatan tinggi untuk memainkan game favorit.

Tetapi ada kendala yang dihadapi ketika bermain pada judul-judul game tertentu di Windows 11, yaitu mouse delay. Mouse delay dalam game tidak pernah menjadi pengalaman yang diinginkan. Dan jika problem ini sering datang, teman-teman bisa gunakan trik pemecahan masalah yang bisa dikerjakan sendiri.

Berikut merupakan cara yang tepat untuk memperbaiki mouse delay di game pada Windows 11.

1. Mengaktifkan Game Mode pada Windows 11

Windows 11 memiliki Game Mode khusus untuk mengoptimalkan PC dalam bermain, dengan mematikan berbagai aktivitas di latar belakang. Mode ini membantu kita mencapai frame rate yang stabil dan mengurangi mouse lag dalam game.

Langkah 1: Tekan tombol Windows + I untuk membuka Settings.

Langkah 2: Pilih Gaming dari sidebar dan buka Game Mode.

mouse delay

Langkah 3: Aktifkan Game Mode dari menu berikut ini.

mouse delay

2. Mengubah Sensitivitas Mouse dari Pengaturan Game

Cari opsi Mouse Sensitivity di bawah Settings atau Controls. Kita dapat meningkatkan sensitivitas mouse dan mencoba memainkan game tanpa lag.

Namun, jangan sampai menaikkan sensitivitas ke tingkat tertinggi karena mungkin pengaturannya bisa berbeda. Terkadang, komputer kita melipatgandakan sinyal DPI (titik per inci), sehingga menghasilkan mouse yang shaky dan tidak akurat.

mouse sensitivitas

3. Mengurangi Resolusi dalam Game

Layar high-resolution memerlukan mouse dengan jumlah DPI yang tinggi. Mouse dengan jumlah DPI rendah pada layar resolusi tinggi mampu menyebabkan delay dalam permainan. Kita harus mencari pengaturan resolusi dan menurunkan nilainya.

mouse delay

4. Memperbarui Graphics Driver

Graphics Driver yang sudah kedaluwarsa (outdated) mengakibatkan kinerja di bawah rata-rata dan mouse delay dalam game.

Microsoft biasanya menyertakan graphics driver dengan pembaruan OS, tetapi kita juga bisa menggunakan menu Device Manager untuk update driver pada Windows. Ingat, instal driver terbaru yang kompatibel dari situs web resmi Intel, AMD, dan NVIDIA.

Langkah 1: Klik kanan pada tombol Windows dan buka menu Device Manager.

update driver

Langkah 2: Pilih graphics card dan klik kanan padanya.

Langkah 3: Pilih Update driver.

update driver

Langkah 4: Klik, Search automatically for drivers; Windows akan mencari driver terbaik yang tersedia di komputer dan menginstalnya pada perangkat kita.

search driver

5. Menonaktifkan Mouse Trails

Mouse trails yang terlihat dapat menyebabkan kelambatan saat bermain game di PC Windows. Kita bisa menonaktifkan mouse trail pada Windows dengan cara di bawah ini.

Langkah 1: Tekan tombol Windows dan cari Mouse Settings. Tekan Enter.

mouse delay

Langkah 2: Buka Additional mouse settings.

mouse delay

Langkah 3: Pindah ke tab Pointer Options.

Langkah 4: Nonaktifkan tanda centang pada Display pointer trails.

mouse trail

6. Menggunakan Wired Mouse

Cara terakhir, kita bisa menggunakan mouse berkabel untuk navigasi bebas gangguan dalam game. Bahkan mouse nirkabel terbaik untuk game pun mengalami masalah koneksi.

Sebagian besar mouse berkabel memiliki DPI yang lebih tinggi daripada mouse nirkabel. DPI yang lebih tinggi memungkinkan kita menggerakkan kursor lebih cepat, sehingga tidak perlu sering menggerakkan tangan. 

Tipnya, kita harus mendapatkan mouse yang memiliki 8.000 hingga 20.000 DPI. Misalnya, 10.000 DPI berarti mouse akan menggerakkan kursor 10.000 piksel di layar untuk setiap inci yang digunakan.

Sumber: guidingtech.com

TagsTips & Trick
visibility 923

Artikel Lainnya

Artikel Terbaru