Cara Mega Evolusi di Pokemon GO

Mega evolusi di Pokemon GO tidak bersifat permanen. Pokemon tersebut akan kembali ke bentuk semula setelah 4 jam

Handoyo Saputra | 28 Agustus 2020

visibility 7.812
Mega Evolusi POGO

Image: Niantic

Mega evolusi akhirnya hadir di Pokemon GO secara resmi mulai 28 Agustus 2020. Pada serial animenya mega evolusi pertama kali diperkenalkan pada Generasi VI di Kalos region. Tidak semua pokemon bisa mega evolusi, total hanya ada 46 spesies pokemon yang bisa melakukannya.

mega ist 2mega list 1

Pada saat pertama kali dirilis di Pokemon GO hanya ada 4 pokemon yang bisa melakukan mega evolusi, yaitu Beedrill, Venusaur, Blastoise, dan Charizard. Perlu diketahui bahwa charizard memiliki 2 bentuk mega yaitu Mega Charizard X (Fire/Dragon) dan Mega Charizard Y (Fire/Flying). Sedangkan untuk pokemon lainnya akan dirilis secara bertahap.

Pada game pokemon main series, mega evolusi hanya bersifat sementara, yaitu ketika pokemon tersebut sedang bertarung. Rupanya langkah yang sama juga diterapkan di Pokemon GO. Mega evolusi di Pokemon GO tidak bersifat permanen.

Pokemon tersebut akan kembali ke bentuk semula setelah 4 jam. Trainer hanya dapat melakukan 1 mega evolusi dalam 1 waktu. Ketika melakukan mega evolusi pokemon lain, maka mega evolusi sebelumnya akan kembali ke bentuk semula.

Agar dapat melakukan mega evolusi, trainer harus memiliki mega energi untuk pokemon tersebut. Mega energi ini bisa didapat dari mega raid battle. Mega raid battle adalah sebuah raid khusus untuk mengalahkan pokemon mega.

mega energy

Setelah menyelesaikan mega raid battle, raid boss tersebut akan kembali ke bentuk semula. Semakin cepat trainer mengalahkan raid boss maka semakin banyak mega energi yang didapat. Normalnya dalam sekali mega raid battle, trainer dapat memperoleh antara 50-90 mega energi (update terbaru). Karena itu akan lebih baik jika melakukan mega raid battle secara berkelompok. Selain itu mega energi juga akan bisa didapat dari research task dan buddy untuk kedepannya.

Jumlah mega energi yang diperlukan untuk melakukan mega evolusi berbeda-beda tiap spesies pokemon. Pokemon starter seperti Charizard, Venusaur, dan Blastoise memerlukan 200 mega energi untuk mega evolusi pertama dan 40 mega energi untuk mega evolusi selanjutnya. Beedrill hanya memerlukan 100 mega energi untuk mega evolusi pertama dan 20 mega energi untuk mega evolusi seanjutnya.

Shadow dan clone pokemon tidak dapat melakukan mega evolusi, namun purified pokemon bisa. Mega evolusi pokemon memiliki stats yang lebih tinggi dibanding bentuk normalnya, akibatnya nilai CPnya juga akan meningkat secara signifikan. Mega evolusi pokemon dapat digunakan untuk raid battle, gym battle, trainer battle, dan Team GO Rocket battle.

Saat pertama kali mega evolusi dirilis, pokemon mega tidak dapat digunakan untuk Go Battle League, namun kedepannya akan bisa digunakan. Mega evolusi pokemon juga tidak dapat digunakan sebagai gym defender.

TagsGame
TagsPokemon GO
visibility 7.812