Cara Mempercepat LCP di WordPress

LCP sangat penting untuk website Anda karena dapat mempengaruhi peringkat SEO dan pengalaman pengguna

Handoyo Saputra | 27 Februari 2023

LCP SEO

Jika Anda mengalami masalah performa website, khususnya di WordPress, salah satu hal yang perlu diperbaiki adalah masalah LCP (Largest Contentful Paint). LCP adalah faktor penting dalam SEO, karena mempengaruhi waktu pemuatan halaman. 

Semakin cepat LCP, semakin baik pula pengalaman pengguna. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara mempercepat LCP di WordPress.

Sebelum masuk ke cara memperbaiki LCP di WordPress, mari kita pahami apa itu LCP. LCP adalah waktu yang diperlukan untuk menampilkan elemen terbesar dari konten utama halaman web. Elemen tersebut bisa berupa gambar, video, atau teks.

LCP sangat penting karena menjadi salah satu faktor dalam menentukan kualitas pengalaman pengguna di website. LCP diukur dalam detik dan semakin cepat waktu pemuatan elemen terbesar dari halaman web, semakin baik pengalaman pengguna dan semakin tinggi peringkat SEO.

LCP sangat penting untuk website Anda karena dapat mempengaruhi peringkat SEO dan pengalaman pengguna. Jika LCP lambat, maka pengguna akan mengalami loading page yang lama dan tidak menyenangkan.

Google telah menetapkan batas waktu LCP optimal selama 2,5 detik. Jika LCP di situs web Anda melebihi batas waktu ini, pengguna mungkin tidak sabar untuk menunggu dan akan meninggalkan situs web Anda. Ini akan berdampak pada bounce rate, yang dapat mempengaruhi peringkat SEO Anda.

LCP Google

Oleh karena itu, penting untuk mengoptimasi LCP di website Anda. Berikut ini adalah beberapa cara mempercepat LCP di WordPress

Mengoptimalkan Gambar

Salah satu penyebab lambatnya LCP adalah ukuran gambar yang besar dan belum dioptimalkan. Untuk mengoptimalkan gambar di WordPress, Anda bisa menggunakan plugin seperti Smush atau EWWW Image Optimizer.

Plugin-plugin tersebut akan mengompres gambar secara otomatis, tanpa mengurangi kualitas gambar. Selain itu, Anda juga bisa mengoptimalkan gambar secara manual dengan cara mengubah format gambar ke JPEG atau WebP.

Menggunakan Lazy Loading

Lazy loading adalah teknik yang memungkinkan gambar atau elemen website lainnya dimuat hanya ketika dibutuhkan. Ini sangat efektif dalam mempercepat waktu pemuatan halaman dan mempercepat LCP.

Untuk menggunakan lazy loading di WordPress, Anda bisa menggunakan plugin seperti Lazy Load atau WP Rocket. Plugin-plugin tersebut akan mengoptimalkan gambar dan video dengan cara memuatnya hanya ketika pengguna sedang melihat konten tersebut.

Gunakan Tema WordPress yang Ringan

Tema WordPress yang ringan akan memungkinkan situs web Anda memuat lebih cepat. Pilih tema yang dioptimalkan untuk kecepatan dan menghindari tema yang terlalu banyak fitur yang tidak digunakan.

Menggunakan Plugin Caching

Plugin caching seperti WP Rocket bisa membantu mempercepat waktu muat halaman dan meningkatkan kinerja situs web Anda secara keseluruhan.

Plugin caching akan menyimpan versi statis dari halaman web Anda di server dan mengirimkannya ke pengunjung saat mereka mengunjungi situs Anda. Dengan demikian, waktu muat halaman akan lebih cepat.

Menggunakan Hosting yang Cepat

Pilihan hosting yang tepat bisa memengaruhi waktu muat halaman situs web Anda. Pilihlah hosting yang cepat dan andal untuk memastikan situs web Anda dimuat dengan cepat.

Anda juga bisa menggunakan Content Delivery Network (CDN) untuk mempercepat waktu muat halaman. CDN akan menyimpan versi statis dari halaman web Anda di server di seluruh dunia sehingga waktu muat halaman akan lebih cepat untuk pengunjung dari berbagai lokasi.

Meminimalkan JavaScript dan CSS

JavaScript dan CSS bisa memperlambat waktu muat halaman jika tidak dioptimalkan dengan baik. Pastikan JavaScript dan CSS hanya digunakan jika benar-benar diperlukan dan minify file JavaScript dan CSS Anda.

Anda bisa menggunakan plugin caching atau plugin optimasi seperti Autoptimize untuk meminimalkan JavaScript dan CSS di Wordpress.

Terdapat beberapa metode yang dapat digunakan untuk optimasi LCP di WordPress, seperti meminimalkan jumlah CSS dan JavaScript yang dipanggil, memanfaatkan URL statis untuk mengakses sumber daya web, dan memperkecil ukuran gambar.

Selain itu, dengan mengoptimalkan server, memperbarui tema dan plugin secara teratur, serta memperbarui versi WordPress, dapat membantu meningkatkan performa website dan LCP.

Berdasarkan tips-tips yang telah dijabarkan di atas, dapat dipahami bahwa optimasi LCP di WordPress tidaklah terlalu sulit, namun membutuhkan upaya dan pengetahuan tentang SEO.

Hal tersebut penting untuk dilakukan karena LCP yang lambat dapat memengaruhi pengalaman pengguna dan bahkan dapat membuat mereka meninggalkan website.

FAQs:

Apa itu Largest Contentful Paint (LCP)?

Largest Contentful Paint (LCP) adalah sebuah metrik kinerja yang digunakan untuk mengukur waktu yang dibutuhkan oleh website untuk memuat elemen visual terbesar pada halaman web.

Mengapa LCP penting untuk performa website?

LCP adalah salah satu faktor yang berpengaruh terhadap performa website dan pengalaman pengguna. Jika LCP website lambat, maka hal tersebut dapat membuat pengguna merasa frustrasi dan meninggalkan website.

Apakah LCP hanya berlaku untuk website WordPress?

Tidak. LCP adalah sebuah metrik kinerja yang berlaku untuk semua jenis website.

Bagaimana cara mengetahui nilai LCP sebuah website?

Nilai LCP sebuah website dapat diperiksa dengan menggunakan tools seperti PageSpeed Insights atau Lighthouse.

Apakah perlu menggunakan plugin untuk mempercepat LCP di WordPress?

Tidak selalu. Beberapa metode optimisasi dapat dilakukan secara manual tanpa menggunakan plugin. Namun, terdapat juga plugin yang dapat membantu mempercepat LCP di WordPress seperti WP Rocket dan W3 Total Cache.

TagsSEO
visibility 867

Artikel Lainnya

Artikel Terbaru