Cara Mudah Melihat IP Address di Linux Ubuntu

Ada 2 jenis IP address yaitu internal dan external

Handoyo Saputra | 4 Agustus 2020

IP address

IP Address adalah singkatan dari “Internet Protocol Address”. Ini adalah sejenis alamat unik yang diberikan kepada setiap perangkat yang terhubung ke internet. IP address digunakan untuk mengidentifikasi dan membedakan perangkat-perangkat di seluruh jaringan internet. Terdapat dua jenis utama dari IP address:

IP Address Internal: Juga dikenal sebagai "Alamat IP Privat," ini adalah alamat yang digunakan dalam jaringan lokal Anda. Contohnya, alamat yang dimulai dengan 192.168.X.X. IP address internal ini digunakan untuk mengidentifikasi perangkat dalam jaringan lokal Anda seperti komputer, printer, atau router.

IP Address Eksternal: Juga disebut sebagai "Alamat IP Publik," ini adalah alamat yang digunakan untuk mengidentifikasi perangkat Anda di internet secara keseluruhan. IP address eksternal ini adalah alamat yang digunakan oleh server dan perangkat lain di internet untuk mengetahui dari mana permintaan atau data berasal.

Cara Mengetahui IP Address Internal

IP Address Internal sering juga disebut dengan IP Address Private. Untuk melihatnya bisa dilakukan via terminal atau tanpa terminal.

Via Terminal

  1. Buka terminal dengan menekan Ctrl+Alt+T
  2. Ketik ifconfig. Internal IP address akan ditampilkan.
ifconfig

Jika kalian belum menginstal network tools, instal terlebih dahulu dengan command dibawah ini kemudian ulangi langkah ke 2.

sudo apt-get install net-tools

Tanpa Terminal

  1. Buka start menu
  2. Ketik network dan klik icon network
network
  1. Klik Wi-Fi, akan muncul daftar koneksi Wi-Fi yang aktif
setting
  1. Klik icon gerigi pada koneksi Wi-Fi yang aktif. Internal IP address akan ditampilkan
ip address

Cara Mengetahui IP Address External

IP Address External juga sering disebut sebagai IP Address Public. Untuk mengetahuinya dapat dilakukan dengan mengunjungi website Wolframalpha atau Google. website tersebut akan menampilkan informasi external IP address beserta lokasi kalian.

TagsCoding
TagsTips & Trick
visibility 40.334

Artikel Lainnya

Artikel Terbaru