Cara Mudah Membuka Internet Positif

Anda dapat memanfaatkan DNS alternatif untuk menghindari pemblokiran yang dilakukan oleh Internet Positif

Handoyo Saputra | 12 Juli 2023

Internet Positif

Internet telah menjadi bagian penting dalam kehidupan kita. Ia menjadi pintu gerbang menuju informasi, komunikasi, dan hiburan tanpa batas. Namun, di beberapa wilayah, akses ke beberapa situs web dan konten online dibatasi karena adanya sensor internet yang diterapkan oleh pemerintah.

Di Indonesia, pembatasan semacam itu dikenal sebagai "Internet Positif," yang memblokir akses ke situs web tertentu yang dianggap tidak pantas atau berbahaya. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai metode dan teknik untuk dengan mudah menghindari pembatasan Internet Positif dan mendapatkan kembali akses ke internet bebas.

Internet Positif adalah inisiatif pemerintah yang bertujuan untuk menyaring dan memblokir situs web yang dianggap mengandung konten pornografi, kekerasan, atau ekstremis. Meskipun niat di balik Internet Positif mungkin untuk melindungi pengguna, seringkali pembatasan ini menghambat akses ke situs web sah dan menghalangi kebebasan informasi.

Sementara Internet Positif bertujuan untuk menciptakan lingkungan online yang aman, hal ini dapat mengecewakan bagi individu yang memerlukan akses ke situs web yang diblokir untuk tujuan yang sah. Ini termasuk mahasiswa, peneliti, jurnalis, dan siapa pun yang mencari akses tanpa batas ke informasi. 

Metode untuk Mumbuka Internet Positif

1. Menggunakan VPN (Virtual Private Network)

VPN adalah alat populer dan efektif untuk menghindari sensor internet. Dengan mengenkripsi lalu lintas internet Anda dan mengarahkannya melalui server yang berlokasi di negara lain, VPN memungkinkan Anda menjelajahi internet secara anonim dan menghindari pembatasan yang diberlakukan oleh Internet Positif. Beberapa layanan VPN populer termasuk NordVPN, ExpressVPN, dan CyberGhost.

2. Memanfaatkan Server Proxy

Server proxy berfungsi sebagai perantara antara perangkat Anda dan situs web yang ingin Anda kunjungi. Dengan mengakses situs web yang diblokir melalui server proxy, Anda dapat menyembunyikan alamat IP Anda dan menghindari Internet Positif. Berikut adalah contoh beberapa proxy yang mudah digunakan:

  • KProxy: KProxy adalah layanan proxy online yang populer. Anda dapat mengunjungi situs web mereka di https://www.kproxy.com/ dan masukkan URL situs yang ingin Anda kunjungi di kotak pencarian di tengah halaman tersebut. KProxy juga menyediakan ekstensi browser yang memudahkan penggunaan proxy.
  • ProxySite: ProxySite adalah layanan proxy sederhana dan mudah digunakan. Anda dapat mengunjungi situs web mereka di https://www.proxysite.com/ dan masukkan URL situs yang ingin Anda kunjungi di kotak pencarian di tengah halaman tersebut.

3. Mengubah Pengaturan DNS di Browser

Salah satu cara sederhana untuk menghindari Internet Positif adalah dengan mengubah pengaturan DNS di browser yang Anda gunakan. Berikut adalah langkah-langkahnya menggunakan Google Chrome sebagai contoh:

  • Buka Google Chrome dan buka menu pengaturan dengan mengklik ikon tiga titik vertikal di pojok kanan atas.
  • Pilih opsi "Settings" atau "Pengaturan" dari menu dropdown.
  • Cari bagian "Privacy and Security" atau "Privasi dan Keamanan".
  • Pilih opsi "Use secure DNS" atau "Gunakan DNS aman" di bawah bagian "Security".
  • Pilih opsi "Choose another provider" atau "Pilih provider lainnya".
  • Pilih Cloudflare (1.1.1.1) atau Google (Public DNS).

Dengan mengubah pengaturan DNS di browser Anda, Anda dapat memanfaatkan DNS alternatif untuk menghindari pemblokiran yang dilakukan oleh Internet Positif. Mengakses internet secara bebas dan tanpa pembatasan adalah hak setiap individu.

Dengan memanfaatkan metode yang telah dijelaskan di atas, seperti menggunakan VPN, server proxy, atau mengubah pengaturan DNS di browser, Anda dapat dengan mudah menghindari Internet Positif dan menjelajahi internet sesuai keinginan Anda. Penting untuk tetap mematuhi hukum dan etika dalam menggunakan akses yang diperoleh. Mari kita terus memperjuangkan kebebasan informasi di era digital ini.

TagsTips & Trick

Artikel Lainnya

Artikel Terbaru