Cara Validasi dan Memilih Tanggal Otomatis di Google Sheets

Google Sheets merupakan sebuah layanan pengolah angka berbasis web yang disediakan oleh Google

Handoyo Saputra | 7 Agustus 2023

Google Sheets

Google Sheets merupakan sebuah layanan pengolah angka berbasis web yang disediakan oleh Google. Layanan ini mirip dengan program spreadsheet tradisional seperti Microsoft Excel, tetapi berbeda dalam cara aksesnya.

Dengan Google Sheets, Anda dapat membuat, mengedit, dan berbagi spreadsheet secara online tanpa perlu mengunduh atau menginstal perangkat lunak tambahan.

Google Sheets memiliki banyak fitur yang berguna, seperti kemampuan untuk menghitung rumus matematika, mengatur data dalam tabel, membuat grafik dan visualisasi data, serta mengelola data secara kolaboratif dengan orang lain secara real-time.

Selain itu, Google Sheets juga dapat diakses melalui perangkat mobile atau tablet, memungkinkan pengguna untuk mengelola data di mana pun dan kapan pun mereka inginkan dengan koneksi internet. Layanan ini memberikan fleksibilitas dan kemudahan akses dalam mengatur data dan informasi.

Google Sheets adalah salah satu alat produktivitas yang sangat berguna, terutama dalam mengatur jadwal dan catatan penting. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara validasi dan memilih tanggal otomatis di Google Sheet dengan menggunakan double click.

Cara Memilih Tanggal Otomatis dengan Double Click

date picker di google sheets

Agar dapat menampilkan pemilihan tanggal (date picker) pada Google Sheets, kita harus menambahkan validasi tanggal. Untuk melakukan validasi tanggal otomatis, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

Buka Google Sheet: Pertama, buka Google Sheet dan buatlah spreadsheet baru atau buka spreadsheet yang sudah ada.

Pilih Sel Tanggal: Pilih sel tempat Anda ingin melakukan validasi tanggal otomatis.

Buat Aturan Validasi: Pergi ke menu Data di bagian atas halaman, kemudian pilih Validasi Data.

data validation google sheets

Tambahkan Aturan: Pada jendela Aturan Validasi Data di sebelah kanan halaman, klik Tambahkan Aturan.

add rule google sheets

Atur Kriteria Validasi: Pada form Kriteria, pilih Adalah Tanggal yang Valid.

atur kriteria validasi

Pesan Error: Anda dapat menampilkan pesan error jika tanggal tidak memenuhi kriteria validasi. Caranya adalah dengan centang Tampilkan teks bantuan, lalu isi pesan errornya.

Tolak Tanggal yang Tidak Valid: Jika pengguna memasukkan tanggal yang tidak valid, Anda dapat memilih untuk tetap menerima masukan tersebut sambil menampilkan pesan error atau menolaknya.

Konfirmasi Validasi: Klik tombol Simpan untuk mengonfirmasi aturan validasi tanggal otomatis.

Setelah langkah-langkah tersebut diselesaikan, sel yang Anda pilih akan tunduk pada aturan validasi tanggal otomatis yang telah Anda tentukan.

Artinya, jika Anda memasukkan tanggal di luar rentang yang telah ditetapkan atau tidak memenuhi kriteria validasi lainnya, Google Sheets akan menampilkan pesan error yang telah Anda buat.

Dengan cara ini, Anda dapat memastikan bahwa tanggal yang dimasukkan dalam Google Sheets selalu akurat dan sesuai dengan kriteria tertentu yang telah ditentukan sebelumnya.

Cara Menampilkan Format Tanggal yang Diinginkan

Google Sheets memungkinkan Anda untuk menampilkan tanggal dalam berbagai format. Anda dapat mengubah format tanggal dari tampilan umum (misalnya, 7/8/2023) menjadi tampilan yang lebih terstruktur (misalnya, 7 Agustus 2023).

Caranya adalah dengan memilih sel yang berisi tanggal, kemudian pergi ke menu Format -> Angka -> Tanggal dan Waktu Kustom. Di sana, Anda akan menemukan berbagai opsi untuk mengatur format tanggal.

custom date google sheets

Cara Menampilkan Tanggal Hari Ini

Cara paling sederhana untuk menampilkan tanggal hari ini secara otomatis di Google Sheet adalah dengan menggunakan fungsi TODAY. Caranya adalah dengan mengetikkan =TODAY() pada sel yang ingin Anda gunakan untuk menampilkan tanggal otomatis.

Menggunakan Fungsi DATE

Selain menggunakan fungsi TODAY, Anda juga dapat menggunakan fungsi DATE untuk memilih tanggal otomatis. Fungsi DATE memungkinkan Anda untuk memilih tanggal berdasarkan tahun, bulan, dan hari tertentu. Misalnya, jika Anda ingin menampilkan tanggal 25 Agustus 2023, Anda dapat menggunakan rumus =DATE(2023, 8, 25).

TagsTips & Trick
visibility 7.052

Artikel Lainnya

Artikel Terbaru