Daftar Perusahaan yang Menggunakan ChatGPT pada Produknya

ChatGPT merupakan salah satu contoh aplikasi kecerdasan buatan yang dapat membantu mempermudah komunikasi dan interaksi manusia dengan teknologi

Handoyo Saputra | 17 Maret 2023

Open AI

ChatGPT adalah salah satu teknologi kecerdasan buatan (AI) generasi baru yang dikembangkan oleh OpenAI, yang mampu memahami dan merespon teks secara alami. 

Seiring dengan kemajuan teknologi, semakin banyak perusahaan yang beralih menggunakan ChatGPT untuk meningkatkan efisiensi dan pengalaman pelanggan. 

Berikut ini adalah daftar perusahaan yang telah mengimplementasikan teknologi ChatGPT.

Microsoft

Microsoft telah mengintegrasikan teknologi ChatGPT ke dalam beberapa produk dan layanan mereka, termasuk Microsoft Teams, Microsoft 365, dan mesin pencari Bing. 

Penerapan ChatGPT memungkinkan Microsoft untuk menyediakan fitur bantuan yang lebih canggih dan responsif dalam aplikasi mereka, sehingga meningkatkan produktivitas dan pengalaman pengguna.

Bing adalah salah satu kolaborator awal OpenAI yang masuk ke pasar. Sementara pesaingnya, Google, mengumumkan kecerdasan buatan (AI) mereka bernama Bard untuk menggerakkan mesin pencari mereka.

Snapchat

Snapchat mengumumkan My AI yang merupakan chatbot yang menggunakan versi terbaru teknologi GPT dari OpenAI yang telah disesuaikan untuk Snapchat.

Coca-Cola

Bain & Company adalah perusahaan konsultan manajemen global yang telah bermitra dengan OpenAI untuk membantu memanfaatkan ChatGPT dan produk OpenAI lainnya di ruang bisnis. 

"Kami sangat antusias untuk mengeluarkan generasi berikutnya dari kreativitas yang ditawarkan oleh teknologi yang berkembang pesat ini," kata James Quincey, chairman dan CEO dari The Coca-Cola Company, dalam siaran pers Bain & Company. 

"Kami melihat peluang untuk meningkatkan pemasaran kami melalui AI terbaru, beserta menjelajahi cara untuk meningkatkan operasi dan kemampuan bisnis kami."

Shopify

Shopify telah menambahkan ChatGPT ke aplikasi Shop perusahaan yang dapat membantu pembeli mengidentifikasi produk yang mereka inginkan menggunakan berbagai prompt.

Duolingo

Aplikasi belajar bahasa Duolingo telah mengumumkan Duolingo Max, sebuah subscription tier baru yang dibangun dengan menggunakan OpenAI's GPT-4. 

Tujuan Duolingo Max adalah memberikan pelajaran bahasa kepada setiap orang yang disesuaikan dengan kebutuhan mereka masing-masing.

Zendesk

Zendesk adalah perusahaan yang menyediakan solusi layanan pelanggan dan dukungan teknis. Dengan menggabungkan teknologi ChatGPT dalam platformnya, Zendesk mampu memberikan respon yang lebih cepat dan akurat kepada pelanggan. 

Chatbot berbasis ChatGPT ini membantu mengurangi beban kerja agen dukungan dan meningkatkan kepuasan pelanggan secara keseluruhan.

Salesforce

Salesforce, sebagai penyedia solusi CRM terkemuka, telah mengintegrasikan teknologi ChatGPT ke dalam platformnya.

Dalam hal ini, ChatGPT membantu meningkatkan proses penjualan dengan menghasilkan teks promosi yang efektif dan memberikan dukungan dalam mengidentifikasi prospek yang potensial. 

Salesforce juga mengumumkan bahwa aplikasi pesan instant Slack akan mendapatkan asisten yang ditenagai oleh kecerdasan buatan.

Asisten ini akan dinamai Einsten dan dapat menyusun balasan, merangkum percakapan, atau melakukan penelitian eksternal tanpa perlu meninggalkan Slack.

Penggunaan teknologi ChatGPT oleh perusahaan-perusahaan ini menunjukkan betapa pentingnya AI dalam meningkatkan efisiensi dan pengalaman pelanggan. 

Dengan kemampuannya yang luar biasa dalam memahami dan merespon teks, ChatGPT telah menjadi alat yang sangat berharga bagi perusahaan dalam menghadapi tantangan di era digital saat ini. 

Diharapkan, semakin banyak perusahaan yang akan mengadopsi teknologi ini di masa depan untuk menjaga daya saing dan memberikan pelayanan yang lebih baik kepada pelanggan.

TagsArtificial Intelegence
TagsTechnology
visibility 747

Artikel Lainnya

Artikel Terbaru