Emulator Nintendo Switch untuk Android

Emulator ini masih belum sempurna dan memerlukan controller khusus untuk bisa digunakan

Handoyo Saputra | 4 September 2020

Emulator Nintendo Switch Android

Android memiliki banyak game yang bisa diunduh secara gratis dari Play Store. Game tersebut juga bisa diinstal dari toko aplikasi pihak ke tiga atau dari file APK. Namun Android tidak bisa memainkan game yang didesain khusus untuk konsol seperti Nintendo Switch.

Nintendo Switch memiliki banyak judul game eksklusif yang sangat populer seperti Pokemon Sword & Shield, Animal Crossing: New Horizons, Super Mario Odyssey, Super Smash Bros: Ultimate dan lain-lain. Untuk memainkan game tersebut kalian harus memiliki konsol Nintendo Switch. Setidaknya sampai ada emulatornya, ups.

Sebuah emulator Nintendo Switch untuk Android muncul di internet dan tampaknya bisa menjalankan beberapa game populer. Emulator ini masih belum sempurna dan memerlukan controller khusus untuk bisa digunakan. Selain itu emulator ini dikabarkan menggunakan source code curian dari Yuzu, sebuah emulator Nintendo Switch untuk windows.

Controller yang diperlukan untuk bisa menggunakan emulator ini menyerupai Joycons Nintendo Switch dan dapat di pre-order seharga $99 atau setara dengan kurang lebih Rp 1,5 juta. Tanpa controller ini, emulator tersebut tidak akan bisa berjalan.

Beberapa game yang sudah terkonfirmasi dapat dijalankan menggunakan emulator ini antara lain Pokémon Sword & Shield, Super Mario Odyssey, The Legend of Zelda: Link’s Awakening, dan Pokémon Let’s Go.

Game tersebut bisa berjalan dengan lancar pada bagian tertentu, namun terkadang mengalami drop FPS pada bagian yang memiliki animasi berat. Beberapa game juga crash pada bagian tertentu. Untuk bisa menggunakan emulator ini diperlukan HP dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 855/855+/865/865+.

Simak video review emulator ini untuk mengetahui performanya.

Sumber: XDA DevelopersWololo

TagsGame