Facebook Akan Mengintegrasikan Messenger, Instagram, dan WhatsApp

Pengguna Messenger akan dapat berkirim pesan kepada pengguna WhatsApp ataupun Instagram meskipun tidak menginstal aplikasi tersebut.

Handoyo Saputra | 26 Januari 2019

Facebook instagram whatsapp

Menurut kabar dari The New York Times, Mark Zuckerberg berencana untuk mengintegrasikan 3 aplikasi pesan instan miliknya ke dalam 1 mega aplikasi. Bagi yang belum tahu, Instagram dan WhatsApp sudah diakuisisi oleh Facebook beberapa tahun silam.

Zuckerberg berharap integrasi 3 aplikasi ini akan rampung pada 2020. Nantinya pengguna Facebook Messenger akan dapat berkirim pesan kepada pengguna WhatsApp ataupun Instagram meskipun tidak menginstal aplikasi tersebut.

Hal ini juga berlaku sebaliknya, pengguna WhatsApp akan dapat berkirim pesan kepada pengguna Instagram dan Messenger meskipun tidak menginstal aplikasi tersebut.

Integrasi ini terbilang cukup aneh mengingat pesan yang dikirim dari WhatsApp sudah dienkripsi end-to-end sehingga tidak dapat dibaca oleh orang lain selain penerima pesan. Sedangkan Instagram Direct Message tidak menerapkan enkripsi end-to-end serupa.

Untuk mengatasi masalah ini, Zuckerberg memerintahkan para developer dari 3 aplikasi ini untuk menulis ulang kode program agar dapat saling terhubung. Semua aplikasi ini akan menerapkan enkripsi end-to-end.

Masing-masing aplikasi akan tetap berdiri sendiri, namun memiliki kemampuan untuk berkirim pesan ke lintas aplikasi tanpa perlu membuat akun pada aplikasi lain.

Tujuan dari integrasi ini untuk membuat pengguna hanya menggunakan aplikasi-aplikasi milik Facebook dan tidak menggunakan aplikasi milik kompetitor. Hal ini akan meningkatkan engagement Facebook dan membuat keuntungan perusahaan tersebut semakin tinggi.

TagsBreaking News
TagsBusiness
TagsTechnology
visibility 895

Artikel Lainnya

Artikel Terbaru