FaceTime pada iPhone Memiliki Bug Keamanan Privasi yang Berbahaya

Penelpon bisa mendengar audio dari microphone orang yang ditelpon sebelum orang tersebut mengangkat telponnya

Handoyo Saputra | 29 Januari 2019

FaceTime

Sebuah bug di aplikasi FaceTime pada iPhone menjadi sorotan publik belakangan ini. FaceTime sendiri adalah aplikasi video call yang eksklusif untuk pengguna iPhone.

Seperti yang dilaporkan 9to5Mac bahwa bug ini membuat penelpon bisa mendengar audio dari microphone orang yang ditelpon sebelum orang tersebut mengangkat telponnya. Menurut The Verge bug ini terjadi pada iPhone yang menjalankan iOS versi 12.1.2 dan mendukung Group FaceTime.

Ketika pengguna melakukan panggilan video menggunakan FaceTime, sebelum penerima panggilan menjawab panggilan tersebut swipe up dan masukkan nomor teleponmu sendiri.

Setelah memasukkan nomor telepon sendiri, FaceTime akan menganggap bahwa panggilan tersebut sedang aktif dan akan mengirimkan audio dari orang yang mendapat panggilan meskipun orang tersebut belum mengangkatnya.

Yang lebih berbahaya lagi, ketika penerima panggilan menekan timbol power / volume untuk mengabaikan panggilan, FaceTime justru akan mengirimkan video dan audio penerima panggilan ke pemanggil.

Menanggapi masalah ini, juru bicara Apple mengatakan bahwa sedang memperbaiki masalah ini dan akan segera merilis software update pada minggu ini. Untuk sementara Group Facetime sedang di non-aktifkan dari sisi server oleh Apple sampai masalah ini diperbaiki.


TagsBreaking News
visibility 773

Artikel Lainnya

Artikel Terbaru