Fortnite Diblokir dari Google Play Store dan Apple App Store

Epic Games telah melayangkan gugatan ke pengadilan California untuk Apple dan Google

Handoyo Saputra | 14 Agustus 2020

Fornite

Fornite merupakan salah satu game battle royale paling populer saat ini. Game buatan pengembang Epic Games ini tersedia di berbagai platform seperti Android, iOS, Microsoft Windows, MacOS, PlayStation 4, Nintendo Switch dan Xbox One.

Namun tampaknya game tersebut sudah tidak bisa diakses lagi dari Play Store dan App Store saat ini. Hal tersebut dikarenakan Apple dan Google telah memblokir game Fornite dari toko aplikasinya pada Agustus 2020.

Alasan pemblokiran ini dikarenakan Fornite dinilai telah melanggar ketentuan yang berlaku di toko aplikasi tersebut. Apple dan Google menarik potongan 30% untuk setiap transaksi di dalam aplikasi pada 1 tahun pertama. Pada tahun selanjutnya mereka akan menurunkan potongan tersebut menjadi 15%.

Sedangkan Fornite memperbolehkan pengguna untuk melakukan transaksi langsung dengan Epic Games tanpa melalui sistem yang telah disediakan oleh Apple dan Google. Akibatnya Apple dan Google tidak dapat menarik potongan 30% tersebut.

Aplikasi Fornite yang sudah diinstal di Android masih tetap bisa berjalan seperti biasanya, namun tidak akan mendapat update terbaru dari Play Store. Karena Android merupakan sistem terbuka, pemain masih bisa mengunduh versi APK Fornite dari luar Play Store untuk diinstal pada ponselnya. Berbeda dengan iOS, pengguna tidak akan bisa menginstal Fornite sebelum Apple mengizinkannya.

Menanggapi hal ini, Epic Games telah melayangkan gugatan ke pengadilan California untuk Apple dan Google yang dinilai telah melakukan praktik monopoli. Epic Games merasa keberatan untuk membayar pajak 30% yang dibebankan kepada pengembang.

Sumber: Androidcentral

TagsGame