Foto Privat di Facebook Bocor ke Publik, Cara Mengecek Akun yang Terpengaruh

Sebuah bug membuat foto-foto privat pengguna dapat diakses oleh aplikasi pihak ketiga

Handoyo Saputra | 17 Desember 2018

Facebook data leak

Facebook lagi-lagi mengalami masalah kebocoran data. Setelah sempat tersandung masalah dengan Cambridge Analityca, kali ini kasus kebocoran data terjadi pada foto pengguna.

Facebook memang menyediakan akses untuk aplikasi pihak ketiga agar bisa mengakses foto pengguna yang diatur public (umum). Namun terdapat sebuah "bug" yang membuat foto-foto privat pengguna dapat diakses oleh aplikasi pihak ketiga.

Biasanya, Facebook membagikan foto yang Anda posting di linimasa ke aplikasi tersebut, tetapi terjadi bug antara tanggal 13 dan 25 September 2018 yang memberi akses kepada developer untuk mengakses foto lain, seperti foto yang Anda posting di Facebook Stories atau sudah diunggah tetapi tidak diposting.

Bug ini hanya terjadi antara tanggal 13 sampai 25 September 2018 dan saat ini sudah diperbaiki. Meskipun hanya 12 hari namun sudah ada 6,8 juta pengguna Facebook yang foto privatnya bocor ke developer aplikasi pihak ketiga.

Untuk mengetahui apakah akun anda terpengaruh oleh bug ini, Facebook menyediakan sebuah halaman untuk mengecek akun yang terpengaruh. Kunjungi Halaman berikut dan login dengan akun facebook anda. Jika akun anda tidak terpengaruh oleh bug ini maka anda akan mendapat pemberitahuan seperti gambar dibawah ini:

facebook notif

TagsBreaking News
TagsTechnology
visibility 924

Artikel Lainnya

Artikel Terbaru