Google Membuat Pendeteksi Gempa Bumi dengan Menghubungkan Semua Ponsel Android

Dengan adanya sistem ini pengguna yang berada di sekitar lokasi gempa bumi bisa mendapatkan peringatan beberapa detik sebelum gempa tersebut sampai ke lokasinya.

Handoyo Saputra | 13 Agustus 2020

Google earthquake

Image: Google

Android merupakan sistem operasi dengan jumlah pengguna terbanyak untuk perangkat mobile. Salah satu alasannya karena sistem operasi ini dapat digunakan oleh berbagai manufaktur seperti Samsung, Sony, Xiaomi dll.

Pada konferensi pengembang perangkat lunak yang diadakan tahun lalu, Google mengumumkan bahwa sudah ada 2,5 miliar perangkat Android yang aktif. Dengan jumlah pengguna sebanyak itu, Google dapat mengumpulkan banyak data yang dapat digunakan untuk membuat berbagai aplikasi menarik.

Pernahkah kalian bertanya-tanya bagaimana caranya Google Maps mengetahui lokasi jalan yang sedang macet secara realtime?

Ya!!!! Tentu saja dengan memanfaatkan data yang dikumpulkan dari banyak ponsel Android. Ponsel Android selalu mengirimkan lokasi pengguna ke server Google secara anonymous.

Data tersebut kemudian diolah sehingga Google dapat mengetahui letak jalan yang macet. Hal tersebut berguna bagi Google Maps untuk memilih rute terbaik dan menghindari kemacetan.

Google juga mengumumkan bahwa mulai sekarang ponsel Android dapat digunakan untuk mendeteksi gempa bumi. Ponsel Android berperan sebagai miniatur seismometer untuk mendeteksi getaran.

Smartphone modern memiliki sensor accelerometer yang dapat mendeteksi gerakan dan kelajuan. Sensor ini biasanya digunakan untuk mendeteksi orientasi ponsel apakah sedang digunakan secara potrait atau landscape.

Dengan memanfaatkan sensor accelerometer, ponsel dapat mendeteksi sinyal yang mengindikasikan gempa bumi. Kemudian sinyal tersebut dikirim ke server Google bersama dengan lokasinya.

Dengan menggabungkan banyak data, Google dapat menganalisa jika terjadi gempa bumi dan segera mengirimkan peringatan ke ponsel yang berada di sekitar lokasi tersebut.

Dengan adanya sistem ini pengguna yang berada di sekitar lokasi gempa bumi bisa mendapatkan peringatan beberapa detik sebelum gempa tersebut sampai ke lokasinya.

Sumber: Google

TagsBreaking News
TagsTechnology