Instagram Reels, Fitur Baru Instagram untuk Saingi TikTok

Fitur ini berguna untuk membuat dan melihat video pendek berdurasi 15 detik dengan tambahan backsound

Handoyo Saputra | 6 Agustus 2020

Instagram Reels
Instagram

Instagram resmi meluncurkan fitur baru bernama Reels. Fitur ini berguna untuk membuat dan melihat video pendek berdurasi 15 detik dengan format vertical. Pengguna dapat menambahkan audio dan efek seperti pada TikTok. Hasil video yang dibuat dapat dibagikan di Explore agar dapat dilihat oleh semua orang. Pengguna juga bisa membagikannya pada Feed atau Story agar bisa dilihat oleh followernya.

Untuk membuat Reels dapat dilakukan dengan menekan tombol Reels yang terletak dibawah camera Instagram. Kemudian akan muncul banyak menu untuk menyunting video. Menu-menu tersebut diantaranya adalah:

Audio: Pengguna dapat mencari lagu dari perpustakaan musik Instagram. Pengguna juga dapat menggunakan audionya sendiri. Jika pengguna menggunakan audionya sendiri maka audio tersebut akan diatribusikan ke dirinya. Orang lain juga akan dapat menggunakan audio tersebut untuk membuat video.

AR Effects: Pengguna dapat menambahkan efek Augmented Reality pada videonya. efek tersebut dibuat oleh Instagram dan creator dari seluruh dunia.

Timer and Countdown: Pengguna dapat menggunakan timer untuk merekam video. Setelah menekan tombol record, akan ada hitungan mundur sebelum memulai perekaman.

Align: Pengguna dapat menggabungkan beberapa clip untuk menjadi sebuah video dengan transisi yang menarik.

Speed: Pengguna dapat mengatur kecepatan videonya pada bagian tertentu. Dengan fitur ini pengguna dapat membuat video slow motion atau mengatur videonya agar sesuai dengan beat dari musiknya.

Pada halaman profil pengguna, akan ada seksi khusus untuk Reels. Selain itu akan ada Reels dengan label "Featured". Featured Reels adalah video reels yang dipilih oleh Instagram untuk ditampilkan pada Explore mirip seperti "For You Page" pada TikTok. Jika video reel pengguna ditampilkan pada Explore maka pengguna tersebut akan mendapat pemberitahuan.

Sumber: Instagram

TagsBreaking News
TagsTechnology
visibility 1.033

Artikel Lainnya

Artikel Terbaru