Mengenal Apa itu Observable di JavaScript

Observable adalah fitur yang sangat berguna untuk membuat aplikasi yang membutuhkan fitur real-time.

Handoyo Saputra | 10 Februari 2023

javascript

JavaScript merupakan bahasa pemrograman yang sangat populer dan banyak digunakan saat ini. Dalam JavaScript, ada banyak fitur dan teknologi yang membuat pengembangan aplikasi menjadi lebih mudah dan efisien. Salah satunya adalah Observable.

Observable adalah salah satu fitur yang sangat berguna dalam JavaScript, terutama bagi developer yang ingin membuat aplikasi yang memiliki fitur real-time. Fitur ini memungkinkan developer untuk mengetahui perubahan yang terjadi pada suatu objek dan membuat tindakan yang sesuai.

Apa Itu Observable?

Observable adalah sebuah mekanisme yang memungkinkan developer untuk mengawasi suatu objek atau data, dan membuat tindakan yang sesuai setiap kali terjadi perubahan pada objek tersebut. Dalam JavaScript, Observable bisa digunakan untuk mengatasi masalah real-time dan membuat aplikasi menjadi lebih interaktif.

Observable bisa diterapkan pada berbagai macam situasi, seperti:

  • Ketika data dalam aplikasi berubah secara real-time, seperti pada saat chat atau bermain game.
  • Ketika user melakukan aksi, seperti scrolling atau klik, dan kita ingin melakukan tindakan tertentu sebagai respon.
  • Ketika kita ingin memantau suatu data yang berubah secara berkala, seperti data suhu atau kelembaban.

Cara Kerja Observable

Observable bekerja dengan cara mengawasi suatu objek dan melaporkan setiap perubahan yang terjadi pada objek tersebut. Setiap kali terjadi perubahan, Observable akan menjalankan tindakan yang telah ditentukan sebelumnya.

Untuk menggunakan Observable, kita harus membuat sebuah objek Observable dan menentukan tindakan apa yang akan diambil setiap kali terjadi perubahan. Kita juga bisa menentukan subscriber, yaitu bagian dari aplikasi yang akan menerima notifikasi setiap terjadi perubahan.

Keuntungan Menggunakan Observable

Menggunakan Observable memiliki banyak keuntungan, seperti:

  • Membuat aplikasi menjadi lebih interaktif dan real-time.
  • Menjadi solusi untuk masalah real-time dalam aplikasi.
  • Mempermudah pemantauan data dan objek.
  • Menambah efisiensi pengembangan aplikasi karena hanya perlu menentukan tindakan sekali dan dapat digunakan untuk banyak objek dan situasi.
  • Mempermudah debugging dan maintenance karena lebih terstruktur dan terorganisir.

Bagaimana Menggunakan Observable di JavaScript

Untuk menggunakan Observable di JavaScript, kita bisa menggunakan library seperti RxJS atau bahkan menggunakan fitur bawaan dari JavaScript yang bernama Observable Operators. Berikut adalah contoh sederhana penggunaan Observable di JavaScript:

import { Observable } from 'rxjs';
const observable = new Observable((observer) => {
  let count = 0;
  setInterval(() => {
    observer.next(count++);
  }, 1000);
});
observable.subscribe((value) => {
  console.log(value);
});

Pada contoh di atas, kita membuat sebuah objek Observable yang akan mengirimkan nilai bertambah setiap detik. Kemudian, kita melakukan subscribe pada objek tersebut dan menentukan tindakan yang akan diambil setiap kali nilai berubah, yaitu mencetak nilai tersebut pada console.

Observable adalah fitur yang sangat berguna dalam JavaScript yang membuat pengembangan aplikasi menjadi lebih mudah dan efisien, terutama untuk aplikasi yang membutuhkan fitur real-time.

Dengan Observable, kita bisa memantau suatu objek atau data dan membuat tindakan yang sesuai setiap kali terjadi perubahan. Pastikan untuk menggunakan Observable dengan tepat agar aplikasi yang dikembangkan memiliki performa yang baik dan dapat digunakan dengan nyaman.

TagsCoding
visibility 1.234

Artikel Lainnya

Artikel Terbaru