Mengunduh Google Chrome dari Microsoft Edge Dapat Menyebabkan Komputer Terjangkit Virus

Hati-hati saat mengunduh file di internet, pastikan URL valid

Handoyo Saputra | 29 Oktober 2018

Scam
welivesecurity

Internet Explore dan Microdoft Edge sering kali menjadi bahan candaan di internet. Orang-orang menggunakan browser tersebut untuk mengunduh browser lainnya yang dinilai lebih baik seperti Google Chrome atau Mozilla Firefox.

Namun hal tersebut sepertinya dimanfaatkan oleh penjahat cyber untuk menipu orang-orang agar menginstal virus/malware di komputernya. Hal tersebut pertama kali terdeteksi oleh pengguna twitter dengan akun @GabrielLandau.

Dalam video yang diunggah di akun twitternya, Gabriel Landau menggunakan Microsoft Edge pada Windows 10 untuk melakukan pencarian melalui Bing dengan kata kunci download chrome. Hasil pencarian paling atas menunjukkan link URL yang terlihat valid yaitu www.google.com.

Chrome Ad Scam

Namun anehnya ketika link URL tersebut di klik maka akan di redirect ke URL lain yaitu www.googleonline2018.com. URL tersebut menampilkan halaman web untuk mengunduh Google Chrome palsu yang kemungkinan besar telah ditempeli dengan malware/virus.

scam site

URL asli untuk mengunduh Google Chrome adalah https://www.google.com/chrome. Jika kalian mengunduh Google Chrome tidak dari URL tersebut maka kemungkinan besar itu adalah scam dan beresiko untuk terjangkit malware/virus.

www.googleonline2018.com teridentifikasi sebagai Deceptive Site atau website penipuan oleh Chrome/Firefox. Namun masih belum ada keterangan kenapa website tersebut bisa diakses melalui Microsoft Edge dan Bing.

Deceptive Site

Saat ini Microsoft sudah memblokir website tersebut, namun tidak ada jaminan jika website serupa tidak akan muncul lagi di kemudian hari. Pengguna harus lebih berhati-hati dalam mengunduh file dari internet.

TagsBreaking News
visibility 1.395

Artikel Lainnya

Artikel Terbaru