Mesin Pencari DuckDuckGo Kembangkan Alat Anti Pelacakan

Alat ini juga memberi user pilihan untuk keluar dari pelacakan data dalam aplikasi

Errica Vannie | 23 November 2021

DuckDuckGo

Beberapa waktu yang lalu, mesin pencari DuckDuckGo membuat alat yang bertujuan untuk mencegah aplikasi pelacak pada pengguna atau user-nya. Alat ini digadang-gadang dapat melindungi user dari aplikasi pelacak dari pihak ketiga.

Bahkan, alat yang disebut App Tracking Protection (Pelindung Pelacakan Aplikasi), dikatakan lebih kuat  jika dibandingkan dengan alat Transparansi Pelacak Aplikasi Apple dan Android.

Selain melindungi dari aplikasi pelacak dari pihak ketiga, alat ini juga memberi user pilihan untuk keluar dari pelacakan data dalam aplikasi.

Dilansir dari The Verge,  saat ini alat DuckDuckGo belum diluncurkan sebagai bagian dari pembaruan untuk semua ponsel Android.

Alat ini juga tidak tersedia sebagai unduhan terpisah, namun terpasang dalam aplikasi browser yang berfokus pada privasi DuckDuckGo, serta berfungsi di seluruh perangkat Anda.

Dalam sebuah posting di blognya, DuckDuckGo juga mengatakan bahwa alat tersebut akan memblokir "pelacak yang diidentifikasi di aplikasi lain dari pihak ketiga."

Setelah App Tracking Protection diaktifkan, alat itu akan berjalan di background aplikasi saat Anda menggunakan ponsel.

Alat ini akan mengenali aplikasi yang akan mengirim data ke pelacak pihak ketiga, dan kemudian akan mencegah aplikasi tersebut mengambil informasi Anda.

DuckDuckGo juga mengatakan bahwa meskipun alat App Tracking Protection bukan Virtual Private Network (VPN), tetapi device Anda akan berperilaku seolah-olah aplikasi ini adalah VPN.

"Ini karena App Tracking Protection menggunakan koneksi VPN local, yang berarti ia bekerja dengan baik di Smartphone Anda," jelas DuckDuckGo dalam postingannya.

“Namun, App Tracking Protection berbeda dari VPN karena tidak pernah merutekan data aplikasi melalui server eksternal,”imbuhnya.

Follow KaptenTekno di Twitter & Facebook

TagsBreaking News
TagsTechnology