MetaHuman Animator: Hasilkan Animasi Game Berkualitas Tinggi Hanya dengan iPhone

Teknologi dari Epic yang dapat Menangkap Facial Performance Secara Akurat

Dedy Reinaldy | 8 April 2023

Metahuman

Teknologi dan AI tampaknya telah mengalami lompatan besar dalam beberapa tahun ini. Pada Game Developers Conference 2023, studio pengembang permainan, Ninja Theory, memamerkan kekuatan alat MetaHuman dan Unreal Engine 5 dari Epic Games.

Mereka mendemonstrasikan kemampuan untuk membuat urutan animasi penuh hanya dengan hitungan menit menggunakan video yang baru direkam.

Kita sudah pernah melihat MetaHuman sebelumnya, bukan? Sebuah alat yang memungkinkan pengembang menghasilkan wajah manusia dengan sangat realistis dan sepenuhnya siap untuk animasi.

Biasanya motion capture seperti ini membutuhkan peralatan mahal, keahlian teknis tinggi, dan waktu lama untuk mendapatkan hasil yang serupa.

Tapi sekarang, berkat Unreal Engine 5 dan fitur baru yang disebut MetaHuman Animator, proses ini dapat diselesaikan dalam durasi singkat dan tanpa banyak perangkat keras berharga jutaan. Melalui penampilan di atas panggung, Melina Juergens sang bintang video game Hellblade, merekam satu contoh video pendek menggunakan sebuah iPhone.

Video kemudian diproses oleh teknisi di belakang layar dan saat itu juga langsung diubah menjadi bentuk animasi. Tim kemudian dapat menukar gerakan tersebut dengan model lain yang telah disimpan di MetaHuman, baik yang realistis seperti foto maupun yang bergaya kartun.

Perkembangan semacam ini tentu membuka potensi cemerlang bagi industri game di masa depan. Bayangkan saja, kita cuma memerlukan perangkat iPhone dan tripod standar untuk mereproduksi pola wajah apa pun sebagai animasi dengan ketelitian tinggi.

Alat ini kemudian akan membantu kita mentransfer setiap detail ke MetaHuman yang dapat menghidupkannya di Unreal Engine. Setelah kinerja ditafsirkan, kita tinggal memeriksa semuanya berjalan dengan baik dengan membandingkan frame demi frame rekaman.

Tidak hanya untuk iPhone, MetaHuman Animator juga dapat digunakan dengan HMC (Head-Mounted Camera) profesional dari Technoprops. Dan jika kita memiliki sistem mocap penangkapan tubuh (Body Motion Capture), dukungan MetaHuman Animator untuk animasi akan dengan mudah diselaraskan demi menghasilkan wujud karakter yang lengkap.

Malah bisa pula ditambahkan sistem audio agar tampilan animasi terasa lebih nyata. Menurut Epic Games, MetaHuman Animator mampu menghadirkan kualitas animasi wajah yang dibutuhkan oleh pengembang video game sekelas AAA dan pembuat film Hollywood, tapi dapat dengan mudah diakses oleh studio indie dan bahkan para penghobi.

Ini seolah menyatakan bahwa tidak hanya developer game besar yang sanggup membuat animasi wajah bermutu tinggi, pengembang yang lebih kecil pun mampu melakukannya dengan ponsel dan PC, alih-alih seluruh studio yang penuh dengan kamera 4D.

Metahuman

MetaHuman Animator kabarnya tersedia sebagai bagian dari MetaHuman Plugin untuk Unreal Engine, dan oleh karena itu dapat diunduh secara free.

Lalu bila pengguna ingin memakai iPhone dalam merekam performance, kita memerlukan aplikasi Live Link Face gratis untuk iOS, yang diperbarui dengan sejumlah mode penangkapan tambahan demi mendukung kinerjanya.

Namun pada tahap ini, Android tampaknya belum bisa support. Epic Games belum mengumumkan tanggal peluncuran MetaHuman Animator, tetapi menyatakan bahwa teknologi baru ini akan segera hadir.

Sumber: overclock3d.net, 3dvf.com, pcgamer.com, provideocoalition.com

TagsTechnology
visibility 741

Artikel Lainnya

Artikel Terbaru