Microsoft Excel Kini Menjadi E-Sport yang Menarik

Para peserta dihadapkan pada berbagai tantangan dalam mengolah data dengan rumus Excel yang tepat

Handoyo Saputra | 2 Januari 2024

Microsoft Excel World Championship 2023

Microsoft Excel, yang biasanya digunakan sebagai alat pengolah data, kini menjadi bagian dalam dunia e-sports. Sebuah peristiwa luar biasa terjadi di Las Vegas pada bulan Desember yang lalu dengan digelarnya Microsoft Excel World Championship 2023.

Microsoft Excel, software yang telah menjadi bagian tak terpisahkan dari berbagai aktivitas bisnis dan pengelolaan data, kini menemukan tempatnya dalam dunia e-sports.

Meskipun seringkali dianggap sebagai alat yang rumit dengan berbagai rumus, dalam kejuaraan ini, Excel menjadi panggung utama di mana 16 ahli teknologi dari berbagai belahan dunia beradu keterampilan.

Kompetisi ini menjadi bagian dari Financial Modeling World Cup dan menyajikan pengalaman unik dalam dunia e-sports dengan menggunakan Microsoft Excel sebagai platform permainan. Para peserta dihadapkan pada berbagai tantangan dalam mengolah data dengan rumus Excel yang tepat.

Aturan Permainan

Microsoft Excel World Championship
Microsoft Excel World Championship

Cara bermainnya melibatkan delapan pemain yang diberikan sejumlah besar data dan instruksi. Mereka harus mengolah rumus dan subset data sambil berlomba dengan waktu untuk mendapatkan poin bonus.

Dalam interval tujuh setengah menit, peserta dengan skor terendah akan dieliminasi. Keputusan strategis menjadi kunci keberhasilan, baik dalam memilih pertanyaan bonus maupun menyelesaikan level permainan.

Sementara itu, statistik live streaming di YouTube mencatat angka yang mengesankan. Tayangan streaming turnamen mencapai 1.1K jam disaksikan, dengan VOD resmi di YouTube berhasil menarik lebih dari 23.2K penonton.

Perhelatan ini tak hanya mencerminkan kehebatan dalam mengelola spreadsheet, tetapi juga membuktikan bahwa Microsoft Excel telah menemukan tempatnya dalam dunia e-sports dan menarik perhatian dari berbagai kalangan.

TagsGame
TagsTechnology

Artikel Lainnya

Artikel Terbaru