Mihoyo Dorong Penulis Fanfiction Komersialkan Karyanya

Mihoyo membuat pembaruan aturan untuk merchandise buatan penggemar

Errica Vannie | 17 November 2021

Mihoyo Company

Ada kabar baik bagi kalian penggemar game Genshin Impact yang suka menulis fiksi. Sebab MiHoYo, perusahaan pengembang Genshin Impact, telah memberikan kebebasan kepada penulis fiksi untuk membuat cerita mereka sendiri dengan karakter game Genshin Impact.

Bahkan jika mereka ingin menghasilkan uang dari karya mereka pun diperbolehkan. Karya fiksi buatan penggemar atau sering disebut fanfiction, yang dikomersialkan telah lama berada di wilayah abu-abu hukum.

Untuk itu MiHoYo membuat aturan yang jelas tentang bagaimana penggemar dapat menjual karyanya. Hal ini merupakan langkah besar untuk game yang begitu populer seperti Mihoyo.

Tak hanya untuk fanfiction saja, pihak Mihoyo juga membuat pembaruan aturan untuk merchandise buatan penggemar. Aturan baru tersebut diposting di situs komunitas MiHoYo.

Dalam pernyataan tersebut Mihoyo mengatakan bahwa, “novel atau cerita yang ditulis oleh penggemar tidak perlu diumumkan secara resmi. Apakah untuk keuntungan atau tidak."

Artinya, pembuat konten tidak perlu meminta izin atau mengirim surat untuk memberi tahu perusahaan bahwa mereka bermaksud mengambil untung dari cerita yang ditulis tentang Genshin Impact.

Biasanya, penulis fanfiction  yang bekerja dengan waralaba populer harus sangat berhati-hati jika ingin mengkomersialkan karyanya. Sebab aturan terkait dengan hak cipta dan kekayaan intelektual begitu ketat saat ini.

Adanya Keterbatasan

Tentu saja, masih ada batasan tentang apa yang dapat kalian lakukan dengan karakter Genshin Impact. MiHoYo mengatakan bahwa penggemar tidak dapat menjual item dengan nama Mihoyo.

Sehingga kalian tidak dapat bertindak seolah-olah fanfiction atau merchandise yang Anda jual memiliki lisensi resmi. Karena segala tindakan komersialisasi fanfiction atau merchandise yang mengatasnamakan Mihoyo tidak diizinkan, terutama yang merusak reputasi perusahaan.

Selain itu jika ingin memproduksi merchandise untuk menjual ratusan unit, karakter yang diperbolehkan juga dibatasi.

Meskipun MiHoYo bukan perusahaan pertama yang mengizinkan pembuat konten untuk menjual fanfiction dan merchandise buatan mereka, jarang ada izin yang diberikan secara resmi. Perusahaan tidak mengabaikan penggemarnya, dengan mengeluarkan aturan tersebut tanpa jaminan apa pun.

Sumber: Genshin Impact Overseas Fan-Made Merchandising Guide (Excluding Mainland China) - miHoYo Player Community (hoyolab.com)

Follow KaptenTekno di Twitter & Facebook

TagsBreaking News
TagsBusiness