OpenAI Perkenalkan Teknologi AI Pembuat Video Bernama Sora

OpenAI memilih nama Sora, mengambil inspirasi dari kata Jepang yang berarti langit, yang melambangkan potensi kreatif tanpa batas

Handoyo Saputra | 16 Februari 2024

OpenAI Sora

OpenAI, perusahaan yang terkenal dengan ChatGPT dan generator gambar DALL-E, telah memperkenalkan sistem baru yang bernama Sora. Teknologi ini memungkinkan pengguna untuk membuat video 60 detik hanya dengan mengetik sebuah kalimat.

Dalam sebuah demo, OpenAI menunjukkan kehebatan Sora dengan menghasilkan video-video pendek yang terlihat seperti adegan dari film Hollywood. Video tersebut terlihat realistis dan susah dibedakan dengan video asli.

Dalam hitungan menit, Sora mampu menciptakan video mammoth berjalan di padang salju, monster yang memandang lilin mencair, dan adegan jalanan Tokyo seolah-olah diambil oleh kamera yang melintasi kota.

Kemampuan Sora bukan hanya untuk menciptakan konten saja, teknologi ini juga mampu mempercepat karya pembuat film berpengalaman dan menggantikan peran seniman digital yang kurang berpengalaman.

Namun ada juga potensi untuk penyalahgunaan teknologi ini. Sora dapat menciptakan informasi palsu dengan cepat, yang membuatnya semakin sulit untuk membedakan apa yang nyata di internet.

OpenAI sendiri memilih nama "Sora" untuk teknologi ini, mengambil inspirasi dari kata Jepang yang berarti langit, yang melambangkan potensi kreatif tanpa batas.

OpenAI belum merilis Sora ke publik karena masih mempelajari potensi bahayanya. Perusahaan ini membagikan teknologi ini kepada sekelompok kecil akademisi dan peneliti yang akan melakukan penelitian lebih lanjut untuk memahami cara teknologi ini dapat disalahgunakan.

TagsArtificial Intelegence
TagsTechnology

Artikel Lainnya

Artikel Terbaru