Pengguna Harian Threads Turun Drastis Menjadi Hanya Separuhnya

Meta harus berupaya keras untuk menambahkan fitur-fitur baru yang menarik pengguna dan menjaga mereka tetap aktif menggunakan Threads

Handoyo Saputra | 20 Juli 2023

Meta Threads

Aplikasi Threads buatan Meta telah mencatatkan minggu pertama yang luar biasa dengan menjadi aplikasi media sosial paling cepat tumbuh sepanjang masa. Namun, setelah awal yang mengagumkan itu, tingkat penggunaan aplikasi ini menurun drastis.

Menurut data terbaru dari firma analitik SimilarWeb, jumlah pengguna aktif harian aplikasi ini menurun tajam dari 49 juta pada tanggal 7 Juli menjadi hanya 23,6 juta pada tanggal 14 Juli.

SimilarWeb melaporkan bahwa para pengguna Threads menghabiskan waktu di aplikasi ini kurang dari separuhnya dibandingkan sebelumnya. Pada tanggal 7 Juli, para pengguna rata-rata menghabiskan 21 menit setiap harinya untuk menggunakan aplikasi ini.

Namun pada tanggal 14 Juli, waktu yang dihabiskan menurun drastis menjadi hanya 6 menit per hari. Ini menunjukkan penurunan tingkat penggunaan yang sangat signifikan.

Penyebab Penurunan

Penurunan ini mungkin saja tidak terlalu mengejutkan. Threads diluncurkan ketika banyak pengguna Twitter mencari alternatif. Penggunaan Threads yang terhubung dengan Instagram membuatnya sangat mudah bagi pengguna baru untuk bergabung dan memanfaatkan data yang sudah ada.

Meskipun demikian, aplikasi ini memiliki beberapa kekurangan, seperti kurangnya fitur-fitur dasar seperti umpan berita yang tidak diatur oleh algoritma, tidak ada trending topik dan hashtag, serta belum tersedia versi web.

Untuk mengatasi tantangan ini, Meta harus berupaya keras untuk menambahkan fitur-fitur baru yang menarik pengguna dan menjaga mereka tetap aktif menggunakan Threads. 

Selain itu, Meta juga perlu menyelesaikan masalah spam yang saat ini tengah dihadapinya. Masalah spam ini telah menyebabkan beberapa pembatasan dalam penggunaan aplikasi ini, yang berdampak negatif pada sejumlah pengguna aktif.

Meskipun terjadi penurunan tingkat penggunaan Threads, Twitter tetap harus mewaspadai persaingan yang mungkin ditimbulkan oleh aplikasi ini

Menurut David Carr, Manajer Senior Insight dari SimilarWeb, ada beberapa tanda bahwa sebagian pengguna Threads berasal dari para pengguna setia Twitter. Oleh karena itu, Twitter harus terus berinovasi dan meningkatkan kualitas pelayanannya agar dapat mempertahankan pangsa pasarnya.

TagsBreaking News
TagsTechnology
visibility 553

Artikel Lainnya

Artikel Terbaru