Perbedaan Microsoft Office 365 dan Office 2021

Microsoft Office 365 adalah layanan berlangganan sedangkan Microsoft Office 2021 adalah produk yang dibeli sekali dan digunakan selamanya

Handoyo Saputra | 7 Februari 2023

Office 365

Microsoft Office adalah salah satu suite produktivitas paling populer dan banyak digunakan di seluruh dunia. Ada dua versi utama yang tersedia saat ini, yaitu Microsoft Office 365 dan Microsoft Office 2021.

Kedua versi ini memiliki beberapa perbedaan yang penting untuk diketahui. Berikut adalah perbandingan antara Microsoft Office 365 dan Office 2021.

Harga dan Pembayaran

Microsoft Office 365 adalah layanan berlangganan bulanan atau tahunan. Ini berarti bahwa Anda harus membayar setiap bulan atau setiap tahun untuk menikmati fitur dan aplikasi dari Office 365.

Sementara itu, Microsoft Office 2021 adalah produk yang dibeli sekali dan digunakan selamanya. Anda harus membayar harga tunai sekali dan tidak perlu membayar biaya bulanan atau tahunan setelah itu.

Fitur dan Aplikasi

Microsoft Office 365 memberikan akses ke seluruh aplikasi Office, seperti Word, Excel, PowerPoint, dan lainnya.

Selain itu, Office 365 juga menyediakan beberapa fitur tambahan seperti integrasi dengan OneDrive, akses ke aplikasi mobile, dan dukungan untuk bekerja secara online.

Sementara itu, Microsoft Office 2021 hanya menyediakan aplikasi dasar seperti Word, Excel, PowerPoint, Outlook, dan OneNote.

Aksesibilitas dan Mobilitas

Microsoft Office 365 dapat diakses dari mana saja dan kapan saja melalui internet, sehingga pengguna dapat bekerja dari mana saja dan mengakses dokumen mereka dengan mudah.

Ini juga memungkinkan pengguna untuk bekerja bersama dengan teman atau rekan kerja secara real-time pada dokumen yang sama.

Sementara itu, Microsoft Office 2021 hanya dapat diakses melalui komputer atau laptop pengguna. Pengguna tidak memerlukan koneksi internet untuk dapat membuka Microsoft Office 2021.

Pembaruan Aplikasi

Microsoft Office 365 selalu menawarkan fitur dan alat terbaru untuk penggunanya. Ini karena Office 365 merupakan layanan berlangganan yang selalu diperbarui oleh Microsoft. Pengguna akan selalu memiliki akses ke versi terbaru dari produk Microsoft Office.

Sementara itu, Microsoft Office 2021 hanya memiliki fitur yang ada saat peluncuran. Pengguna tidak akan menerima pembaruan dan fitur baru kecuali mereka membeli versi baru dari Microsoft Office.

Keamanan dan Kemudahan Penggunaan

Microsoft Office 365 menawarkan keamanan yang lebih baik dibandingkan dengan Office 2021. Data yang disimpan di dalam Office 365 dilindungi dengan enkripsi yang kuat dan disimpan di dalam server yang aman.

Selain itu, Office 365 juga memiliki fitur lain seperti autentikasi dua faktor dan pemantauan aktivitas yang membuat data Anda lebih aman.

Sementara itu, Office 2021 memiliki keamanan dasar yang baik, namun tidak seluas dan tidak sekuat yang ditawarkan oleh Office 365.

Jika keamanan dan privasi adalah faktor penting bagi Anda atau perusahaan Anda, maka Office 365 adalah pilihan yang lebih baik.

Kompatibilitas

Microsoft Office 365 dapat digunakan pada berbagai perangkat, seperti komputer, tablet, dan smartphone. Ini membuat Office 365 sangat fleksibel dan mudah digunakan, karena Anda dapat bekerja dari mana saja dan kapan saja.

Sementara itu, Microsoft Office 2021 hanya dapat digunakan pada komputer dan tidak dapat digunakan pada perangkat lain.

Kesimpulan

Microsoft Office 365 dan Office 2021 memiliki beberapa perbedaan yang penting. Office 365 memberikan akses ke seluruh aplikasi Office, fitur tambahan seperti integrasi dengan OneDrive, dan keamanan yang lebih baik.

Sementara itu, Office 2021 menyediakan aplikasi dasar dan tidak memiliki fitur keamanan yang sama. Pilihan terbaik akan tergantung pada kebutuhan dan preferensi masing-masing individu atau perusahaan.

Jika Anda memerlukan akses fleksibel dan fitur tambahan, serta keamanan yang lebih baik, maka Office 365 adalah pilihan yang tepat. Namun, jika Anda hanya memerlukan aplikasi dasar dan tidak membutuhkan fitur tambahan, maka Office 2021 dapat menjadi pilihan yang lebih ekonomis.

TagsTechnology
visibility 2.235

Artikel Lainnya

Artikel Terbaru