Perbedaan Spotify dan YouTube Music, Mana yang Lebih Baik?

Sebelum mulai berlangganan Spotify atau Youtube Music, sebaiknya ketahui dulu keunggulan masing-masing platform

Handoyo Saputra | 7 Mei 2023

YT music VS Spotify

Dalam era digital saat ini, banyak orang mengandalkan platform musik online untuk mendengarkan lagu. Spotify dan YouTube Music adalah dua platform yang paling populer di antara mereka. 

Namun masih banyak yang bingung dengan perbedaan keduanya. Sebelum mulai berlangganan Spotify atau Youtube Music, sebaiknya ketahui dulu keunggulan masing-masing platform.

Dalam artikel ini, kita akan membahas perbedaan antara Spotify dan YouTube Music dan membantu Anda menentukan mana yang lebih baik untuk kebutuhan musik Anda.

Model Bisnis

Spotify adalah platform streaming musik berbasis keanggotaan (subscription). Ini berarti bahwa pengguna harus membayar biaya bulanan untuk mengakses katalog lagu tanpa batas. 

Dalam model bisnis ini, pengguna tidak bisa memiliki lagu secara permanen, meskipun mereka bisa mengunduh lagu untuk didengarkan secara offline.

Spotify menawarkan versi gratis yang didukung dengan iklan, namun pengguna hanya bisa skip lagu sebanyak 6 kali saja dalam mode gratis, setelah itu pengguna hanya bisa shuffle lagu.

YouTube Music juga memiliki model bisnis berbasis keanggotaan. Namun, YouTube Music menawarkan opsi gratis yang didukung iklan tanpa ada limitasi skip lagu. Hanya saja lagu akan berhenti apabila pengguna mengunci HPnya.

Sedangkan untuk opsi berbayar, Youtube Music memberikan pengguna akses ke katalog lagu tanpa batas dan tanpa iklan. Lagu juga dapat berjalan di background meskipun pengguna mengunci HPnya.

Seperti Spotify, pengguna dapat mengunduh lagu untuk bisa didengarkan secara offline, namun tidak bisa memiliki lagu secara permanen.

Kualitas Audio

Spotify menawarkan kualitas audio yang lebih tinggi daripada YouTube Music. Pengguna dapat memilih antara tiga tingkat kualitas audio: Normal (96kbps), Tinggi (160kbps), dan Sangat Tinggi (320kbps). Tingkat kualitas audio Sangat Tinggi hanya bisa dinikmati untuk pengguna premium.

YouTube Music menawarkan kualitas audio standar dengan tingkat kualitas: Normal (128kbps) dan Tinggi (256kbps). Youtube Music belum memiliki kualitas audio sangat tinggi seperti yang ada di Spotify.

Katalog Lagu

Spotify: Katalog lagu Spotify sangat luas dan terus berkembang setiap hari. Saat ini, Spotify menawarkan lebih dari 70 juta lagu yang dapat diakses oleh pengguna di seluruh dunia. Katalog ini mencakup berbagai genre musik, mulai dari pop, rock, hip-hop, R&B, jazz, blues, country, EDM, hingga klasik.

Selain itu, Spotify juga memiliki fitur Discover Weekly yang menampilkan lagu-lagu baru yang mungkin disukai oleh pengguna berdasarkan preferensi musik mereka. Ada juga Daily Mix, sebuah playlist yang terus diperbarui dan disesuaikan dengan preferensi musik pengguna.

YouTube Music: Katalog musik YouTube Music juga sangat luas, namun terdapat beberapa perbedaan dengan katalog Spotify. Saat ini, YouTube Music menawarkan lebih dari 50 juta lagu yang dapat diakses oleh pengguna di seluruh dunia.

Seperti Spotify, katalog ini mencakup berbagai genre musik, mulai dari pop, rock, hip-hop, R&B, jazz, blues, country, EDM, hingga klasik. YouTube Music menawarkan lebih banyak konten musik video dan konser live yang dapat diakses oleh pengguna.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menonton video musik favorit mereka dan menikmati pertunjukan langsung dari artis yang mereka sukai.

Fitur dan Fungsi

Spotify menawarkan banyak fitur dan fungsi, termasuk playlist yang dibuat oleh pengguna, playlist otomatis berdasarkan preferensi musik, mengunduh lagu untuk bisa didengarkan secara offline, dan dukungan untuk podcast dan audio book. 

Selain itu, Spotify juga memiliki fitur social yang memungkinkan pengguna untuk mengikuti teman mereka dan melihat apa yang mereka dengarkan.

YouTube Music juga menawarkan fitur dan fungsi yang mirip dengan Spotify. Platform ini memungkinkan pengguna untuk membuat playlist dan mengunduh lagu untuk didengarkan secara offline. 

YouTube Music juga menawarkan fitur unik, seperti video musik, live performance, dan konser yang bisa dinikmati oleh pengguna di dalam platform. Selain itu, pengguna juga dapat menonton video klip atau live performance langsung dari artis yang diinginkan.

Kompatibilitas

Spotify tersedia di berbagai platform, termasuk Windows, Mac, iOS, Android, dan Web. Platform ini juga dapat diakses melalui speaker pintar, seperti Amazon Echo atau Google Home.

YouTube Music juga tersedia di berbagai platform, termasuk Windows, Mac, iOS, Android, dan Web. Namun, YouTube Music tidak sepenuhnya kompatibel dengan speaker pintar, terutama speaker pintar buatan Amazon.

Harga

Spotify menawarkan beberapa opsi harga untuk berlangganan, mulai dari paket Mini seharga Rp 2.500/hari, paket Individual seharga Rp 49.990/bulan, paket Duo seharga 64.990/bulan untuk 2 akun, dan paket Family seharga Rp 79.000/bulan untuk 6 akun.

YouTube Music menawarkan opsi berbayar seharga Rp 24.990/bulan untuk paket pelajar, Rp 49.000/bulan untuk paket individual, dan Rp 75.000/bulan untuk paket keluarga dengan maksimal 5 akun.

Kesimpulan

Keduanya menawarkan keunggulan dan kelemahan masing-masing. Jika Anda mengutamakan kualitas audio, Spotify bisa menjadi pilihan yang tepat. Namun, jika Anda ingin menikmati video musik atau konten musik lainnya, YouTube Music bisa menjadi pilihan yang lebih baik. Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan musik Anda.

TagsTechnology
visibility 2.263

Artikel Lainnya

Artikel Terbaru