Project Stream, Layanan Streamming Game dari Google untuk Bermain Game Konsol Melalui Internet Browser

Kita dapat memainkan game PS4, Xbox One, dan Nintendo Switch melalui Google Chrome di laptop

Handoyo Saputra | 10 Oktober 2018

Assassin's Creed Odyssey
Gadgets Now

Google baru saja mengumumkan sebuah layanan streamming game yang bernama Project Stream. Dengan layanan ini kita bisa memainkan game konsol/PC tanpa harus menginstal game tersebut di komputer. Untuk memainkannya, cukup membukanya melalui Google Chrome dari laptop atau PC.

Layanan ini masih dalam tahap uji coba sampai tanggal 15 Januari 2019. Pengguna di Amerika Serikat yang berusia 17 tahun keatas dapat mendaftar untuk mencoba Project Stream ini secara gratis.

Untuk dapat menikmati layanan streamming game ini, yang diperlukan adalah koneksi internet cepat dan stabil minimal 25 mbps (~3,12 MBps), laptop/PC yang terinstal Google Chrome, akun Google dan akun Ubisoft. Pengguna yang telah mendaftar melalui website Project Stream akan mendapat email yang berisi key untuk memainkan game yang tersedia.

Saat ini game yang dapat dimainkan adalah Assassin’s Creed Odyssey. Saat pertama kali membuka game Assassin’s Creed Odyssey melalui Google Chrome, akan dilakukan pengecekan koneksi internet terlebih dahulu. Kecepatan koneksi internet diperlukan untuk menentukan resolusi dari game yang akan dimainkan.

Setelah itu kita harus mendaftar akun Ubisoft atau menggunakan akun yang sudah ada untuk menyimpan progress permainan.

project stream

Image : The Verge

Menurut laporan dari The Verge, meskipun dimainkan melalui internet browser namun kualitas video game cukup baik. Selama memiliki koneksi internet yang cepat dan stabil, maka game dapat dimainkan secara mulus.

Kelebihan dari Project Stream ini adalah kita dapat memainkan game yang didesain untuk konsol seperti PS4, Xbob One, Nintendo Switch atau PC dengan spek tinggi pada semua komputer melalui internet browser. Kita tidak perlu menginstal game tersebut pada komputer karena game akan diinstal di server dan kita mainkan secara streamming.

Dengan cara itu kita dapat bermain game dari berbagai sistem operasi. Progress permainan juga akan tersingkronisasi secara otomatis melalui akun Ubisoft. Jadi kita bisa bermain game pada sebuah komputer, dan melanjutkan progressnya pada komputer lainnya.

Meskipun demikian tidak semua laptop/PC dapat mencoba layanan streaming game ini. Project Stream membutuhkan koneksi internet yang cepat dan stabil. Beberapa komputer dengan WiFi Card lawas kemungkinan mengalami kendala dalam menangkap sinyal WiFi yang mengakibatkan koneksi internet tidak stabil.

Meskipun berada pada koneksi WiFi yang cepat, namun jika komputer tidak dapat menangkap sinyal WiFi dengan baik maka kemungkinan tidak akan bisa mencoba Project Stream ini.

Saat ini Project Stream hanya dapat dinikmati untuk orang-orang yang tinggal di Amerika Serikat dengan mendaftar terlebih dahulu.

Jika Project Stream sudah diluncurkan untuk umum, ini bisa menjadi terobosan untuk gamer yang tidak memiliki konsol game atau gaming PC agar tetap bisa memainkan game-game papan atas dengan mengandalkan Google Chrome dan koneksi internet cepat.

TagsGame
TagsTechnology
visibility 989

Artikel Lainnya

Artikel Terbaru