Review Komik One Piece 1092: Kenapa Iron Giant Terbangun?

Baca komik One Piece Chapter 1092 terjemahan Bahasa Indonesia resmi di website MangaPlus

Handoyo Saputra | 16 September 2023

Luffy hold Kizaru
Charlinlino

Komik One Piece Chapter 1092 berjudul "Insiden Tirani Kuma Mengamuk di Tanah Suci" telah rilis. Dalam chapter ini menceritakan tentang Kuma yang mengamuk di tanah suci marijoa dan pertarungan Luffy melawan Kizaru di Egghead.

Chapter diawali dengan Kuma yang berhasil memanjat Red Line dan sampai di tanah suci Marijoa. Kuma terlihat sedang menuju suatu lokasi yang masih belum kita ketahui, dan untuk mencapai lokasi tersebut, ia harus melewati Red Line.

Prajurit Mariajoa tidak dapat menahan Kuma. Hanya dengan 1 serangan Ursus Shock, semua prajurit terhempas. Usaha Kuma untuk melewati Marijoa tidak semudah yang dibayangkan, karena ia harus menghadapi Fleet Admiral Akainu yang telah menghadangnya.

Para Tenryuubito yang sedang marah memerintahkan Akainu untuk mengeksekusi Kuma. Perlu diketahui bahwa Kuma seharusnya sudah tidak memiliki kesadaran, ia hanya bisa menuruti semua perintah Tenryuubito sebagai budak. Namun kali ini Kuma mengabaikan perintah Tenryuubito maupun Akainu. Apa yang sebenarnya terjadi dengan Kuma? dan Kemana ia ingin pergi?

Akainu VS Kuma

Akainu VS Kuma
Akainu VS Kuma

Akainu yang tidak bisa mengendalikan Kuma akhirnya menyerangnya dengan serangan Hell Hound dan berhasil melukai kaki dan sebagian wajah Kuma. Dengan memanfaatkan kekuatan Nikyu Nikyu no Mi, Kuma berhasil kabur dari Akainu dengan memindahkan dirinya seperti saat ia memindahkan kru topi jerami di Sabaody.

Seperti yang kita ketahui di chapter sebelumnya, kesadaran Kuma sebenarnya tidak dihapus. Ingatan Kuma disimpan pada ruangan khusus di Egghead. Dengan memanfaatkan kekuatan buah setan Kuma, ia telah memindahkan ingatannya sebelum diubah menjadi Pacifista.

Ingatan Kuma
Ingatan Kuma

Mungkin Vegapunk telah membuat semacam perjanjian dengan Kuma agar mengembalikan kesadarannya suatu saat jika waktunya telah tiba. Jika teori itu benar, maka saat ini Kuma sedang menuju Egghead untuk mengambil ingatannya kembali agar dapat melindungi putrinya, Jewelry Bonney dari bahaya.

Kizaru Menerobos Masuk Egghead

Cerita beralih ke Egghead. Robot monster laut telah dikalahkan oleh Pacifista dan para marinir berhasil menerobos masuk ke pulau Egghead. Di dalam pulau, Luffy tengah bertarung melawan Kizaru. Kizaru mengakui bahwa Luffy sudah bertambah kuat, namun ia masih heran kenapa bajak laut seperti Luffy mau melindungi Vegapunk.

Kizaru menendang Luffy
Kizaru menendang Luffy hingga menabrak Vegaforce-01

Luffy berbalik tanya kepada Kizaru, kenapa marinir ingin membunuh Vegapunk. "Membunuhnya? tentu saja aku tidak ingin membunuhnya. Aku sudah mengenal Vegapunk sejak lama." Jawab Kizaru sambil meluncurkan serangan tendangan cahaya yang sangat keras sampai menghempaskan Luffy dan menabrak robot Vegaforce-01 hingga hancur.

Setelah itu Kizaru menghadapi Bonney. Kizaru telah mengenal Bonney sejak ia masih kecil, hal ini dikarenakan Bonney adalah anak dari Kuma yang merupakan mantan raja Sorbet Kingdom. Ini juga menjelaskan kenapa Bonney dapat lolos dari penjagaan prajurit Marijoa saat ia memanipulasi umurnya menjadi nenek-nenek di Reverie. Tentu saja Bonney terlihat mirip dengan keluarga kerajaan Sorbet.

Kizaru dapat mengalahkan Bonney dengan mudah, ia menendangnya kearah laser pelindung dome Egghead. Kizaru bergegas menuju ruangan Vegapunk. Di dalam ruangannya, Vegapunk telah berhasil memecahkan kode enkripsi untuk membuka pelindung dome. Namun hal itu sepertinya sudah terlambat karena Kizaru sudah berhasil masuk ke ruangan Vegapunk.

Saat semua orang kaget melihat kemunculan Kizaru, Luffy dengan mode Gear 5 berubah menjadi raksasa dan menggenggam Kizaru dari belakang. Luffy yang sebelumnya terlempar sampai mengenai pelindung dome berhasil kembali tepat waktu sebelum Kizaru membunuh Vegapunk.

Luffy menggenggam Kizaru
Luffy menggenggam Kizaru

Disaat yang bersamaan, robot raksasa yang tertidur di Egghead tiba-tiba terbangun. Tidak diketahui apa penyebabnya. Banyak fans yang mengira bahwa robot itu terbangun karena pengaruh dari kekuatan awakening Luffy, namun perlu diingat bahwa saat Luffy bertarung melawan Rob Lucci, ia juga menggunakan mode Gear 5 dan robot itu tidak terbangun.

Lalu apa yang membuat robot itu terbangun secara misterius? Berikut adalah teori KaptenTekno:

Apa Itu Iron Giant?

Sebelum membahas teori ini, mari kita ingat kembali apa saja yang sudah diketahui mengenai robot raksasa ini. Robot ini bernama Iron Giant dan pernah menyerang Marijoa 200 tahun lalu. Robot ini dibuat 900 tahun lalu pada saat Void Century. Saat ini robot tersebut tidak aktif karena kehabisan energi dan disimpan di Egghead.

Pemerintah dunia memerintahkan para ilmuwan untuk menghancurkan robot ini. Namun karena penasaran, para ilmuwan mempelajari robot ini dan tidak mengahncurkannya. Iron Giant juga menjadi inspirasi terbentuknya robot Vegaforce-01, namun Vegapunk tidak dapat menirukan sumber energi dari Iron Giant.

Setiap robot di One Piece biasanya memiliki tugas dan dibuat menirukan sesuatu, misalnya Pacifista dibuat menirukan Kuma dan bertugas mengalahkan bajak laut. Meca Sea Beast dibuat menirukan Sea King dan bertugas menjaga Egghead. Lalu apa tugas Iron Giant dan dibuat berdasarkan apa?

Iron Giant mirip dengan Oars
Iron Giant mirip dengan Oars

Dilihat dari bentuknya, sepertinya Iron Giant dibuat berdasarkan Oars, zombie raksasa yang disimpan oleh Gecko Moria di Thriller Bark. Oars dikenal sebagai raksasa penarik benua. Kemungkinan Iron Giant dibuat untuk menjaga lautan. Keberadaan Red Line yang memisahkan lautan menjadi 2 merupakan masalah, karena itu ia ingin menghancurkannya.

Jika teori ini benar, maka alasan robot ini menyerang Marijoa 200 tahun lalu adalah karena Marijoa dibangun diatas Red Line sehingga perlu dihancurkan. Lalu kenapa Iron Giant terbangun lagi sekarang? Dari mana ia mendapat energi?

Alasan Iron Giant Terbangun

Luffy yang sebelumnya terlempar dan menabrak laser pelindung dome mungkin membawa energi yang dapat menyalakan Iron Giant. Seperti yang sudah diketahui bahwa ketika pengguna buah setan tipe Paramecia sampai di tahap awakening, mereka mampu mempengarui lingkungan di sekitarnya.

Pada saat pertarungan Luffy melawan Kaido, kita diperlihatkan bahwa tanah di sekitar Luffy berubah menjadi karet. Namun perlu diingat bahwa kekuatan Luffy yang sesungguhnya adalah Hito Hito no Mi tipe Sun God Nika. Masih ingatkan kalian dengan senjata pemusnah masal yang digunakan Imu Sama untuk menghancurkan Lulusia Kingdom?

Senjata yang diduga merupakan Ancient Weapon Uranus ini ditenagai oleh energi yang mereka sebut sebagai Mother Flame. Sun God Nika dan Mother Flame sama-sama berhubungan dengan api.

Ketika Luffy menggunakan Gear 5 untuk melawan Rob Lucci, ia tidak berubah menjadi raksasa. Luffy baru berubah menjadi raksasa di Egghead saat menggenggam Kizaru, karena tubuhnya menjadi lebih besar, kemungkinan efek dari awakening di sekitarnya juga bertambah lebih luas hingga sampai ke Iron Giant. Hal ini menyebabkan Iron Giant mendapat energi dan terbangun.

Tentu saja ini hanya sebuah teori yang bisa saja salah. Bagaimana pendapatmu tentang teori ini? Mari kita tunggu penjelasan resminya di komik One Piece chapter selanjutnya.

Baca Komik One Piece 1092 Bahasa Indonesia

Komik One Piece Chapter 1092 terjemahan Bahasa Indonesia resmi meluncur pada hari Minggu 17 September 2023 di website MangaPlus. Penggemar dapat membaca 3 chapter terakhir secara gratis dan legal.

Link Baca Komik One Piece Terbaru

MangaPlus adalah sebuah platform digital resmi yang menyediakan akses gratis dan legal ke berbagai judul manga populer. Platform ini dioperasikan oleh Shueisha, sebuah perusahaan penerbitan manga terkemuka di Jepang. Melalui MangaPlus, para penggemar manga dapat membaca chapter-chapter terbaru dari berbagai judul populer secara gratis.

TagsOne Piece
visibility 789

Artikel Lainnya

Artikel Terbaru