Review Komik One Piece 1095: Kilas Balik Kuma

Baca komik One Piece Chapter 1095 terjemahan Bahasa Indonesia resmi di website MangaPlus

Handoyo Saputra | 13 Oktober 2023

Figarland Garling God Valley

Komik One Piece chapter 1095 yang berjudul "Dunia yang Tak Layak Untuk Ditinggali" telah rilis. Chapter ini menceritakan tentang kilas balik Kuma saat dia masih kecil.

Chapter diawali dengan para marinir yang melarikan diri dari pulau Egghead karena perintah dari Saturn. Hanya marinir berpangkat Kapten dan Rear Admiral saja yang diperbolehkan untuk berada di pulau ini.

Bagi para marinir, Gorosei atau Five Elders adalah sosok pemerintah dunia dengan otoritas tertinggi, bahkan lebih tinggi dari pada admiral. Saint Saturn ternyata memang sengaja menerima serangan dari Jewelry Bonney agar ia dapat menangkapnya.

Tatapan mata Saturn dapat menciptakan suatu tekanan yang membuat orang-orang di sekitarnya tidak dapat bergerak. Ketika Saturn mencabut pedang yang ditancapkan Bonney ke dadanya, luka tersebut seketika menghilang. Apakah ini termasuk efek kekuatan devil fruitnya? ataukah ini berkat operasi keabadian dari buah Ope-Ope no Mi?

Saturn's Wound Vanishes
Luka Saturn Menghilang

Kizaru Tidak dapat Bertarung Lagi

Kizaru yang tergeletak di tanah berkat pukulan telak dari Luffy masih belum dapat berdiri kembali. Meskipun Kizaru merupakan pemakan buah tipe Logia, namun serangan Luffy yang dilapisi Haki dapat mengenai tubuh asli Kizaru.

Saint Saturn mencoba untuk menyerang Luffy yang juga masih tergeletak di tanah. Tubuh Luffy terlihat masih menua, efek dari Gear 5. Untungnya Franky bisa menyelamatkan Luffy dengan kekuatan Strong Right. Kehadiran Luffy dan Bonney di Egghead memang diluar ekspektasi Gorosei.

Saint Saturn kini berhadapan dengan Dr. Vegapunk. Meskipun Vegapunk telah menghianati Pemerintah Dunia, namun atas semua jasa-jasa Vegapunk yang telah banyak membantu untuk teknologi militer, Saturn mengucapkan terima kasih.

Kesalahan Vegapunk di mata Pemerintah Dunia adalah keterlibatannya dalam penelitian tentang Void Century, sebuah ilmu pengetahuan yang terlarang. Saint Saturn juga menyinggung tentang Kuma, ia mengatakan bahwa Kuma terlahir sebagai seorang budak.

Kilas Balik Kuma

Ia berasal dari suku yang telah melakukan kejahatan berat, Kuma adalah satu-satunya keturunan Buccaneer yang selamat dari pemusnahan. Ketika semua marinir mengarahkan senjatanya ke Bonney, dimulailah kilas balik dari Kuma.

Sejak kecil, Kuma ingin menjadi seorang pahlawan yang membawa kebebasan untuk orang-orang yang sedang menderita seperti prajurit kebebasan Nika. Ternyata Kuma mengetahui cerita tentang Nika, dan ia mengaguminya.

Menjadi Budak Sejak Masih Kecil

47 tahun yang lalu di Sorbet Kingdom, South Blue, Kuma terlahir di sebuah rumah sakit. Ayah Kuma merupakan keturunan suku Buccaneer, suku ini diburu oleh Pemerintah Dunia. Untungnya dokter yang membantu persalinan Kuma mau merahasiakan identitas ayah Kuma.

Sayangnya Pemerintah Dunia memiliki mata-mata di rumah sakit tersebut, dan melaporkannya ke Pemerintah Dunia. Alhasil Kuma kecil dan ayahnya ditangkap untuk dijadikan budak Tenryuubito. Meskipun masih anak-anak, Kuma sudah memiliki kekuatan fisik yang kuat.

Setiap hari Kuma dan ayahnya disiksa oleh Tenryuubito yang kejam. Namun ketika ditanya oleh ayahnya, Kuma selalu pura-pura bahagia dengan mengatakan bahwa majikannya sangat baik. Kuma tidak ingin membuat ayahnya kawatir.

Kuma as Slave
Kuma menjadi budak

Nasib malang menghampiri ibunya, ia telah meninggal. Hal ini tentu saja membuat Kuma kecil sangat terpukul dan lebih memilih untuk mati. Namun ayah Kuma terus memberi semangat kepadanya dengan mengatakan bahwa Dewa matahari, Nika akan membebaskannya.

Nika adalah nama seorang prajurit legendaris yang diwariskan dari generasi ke genarasi oleh keturunan suku Buccaneer. Dikatakan bahwa Nika akan membawa kebebasan untuk semua orang dan ia selalu tertawa.

Saat ayah Kuma menari dan bernanyi menirukan Nika, ternyata terdengar oleh Tenryuubito. Karena suaranya yang berisik, ayah Kuma ditembak mati oleh  salah satu Tenryuubito.

Kuma's mother die
Ketika ibu Kuma meninggal

Turnamen Pemberantasan Populasi

Cerita beralih ke 38 tahun yang lalu di West blue. Setiap 3 tahun sekali, para Tenryuubito mengadakan turnamen pemberantasan populasi. Turnamen tahun ini akan diadakan di sebuah negara yang tidak terafiliasi dengan Pemerintah Dunia, God Valley.

Tenryuubito mengklaim God Valley sebgai properti milik Pemerintah Dunia dan menjadikannya tempat itu untuk berburu penduduk lokal. Tentu saja hal ini ditentang oleh raja God Valley, namun raja tersebut dihabisi oleh Saint Figarland Garling, seorang God's Knights yang sekarang dikenal dengan "Champion of God Valley"

Figarland Garling saat masih muda terlihat mirip dengan Akagami Shanks. Pada One Piece film Red, Shanks memang dikatakan sebagai anggota keluarga Figarland. Hal ini juga diperkuat dengan fakta bahwa Shanks kecil ditemukan di sebuah peti harta karun oleh Gol D. Roger.

Young Garling looks like Shanks
Garling muda mirip dengan Shanks

Karena Garling membunuh raja God Valley, ia mendapat point minus 10.000 dalam turnamen ini. Selain memburu penduduk lokal, Turnamen tahun ini juga dimeriahkan dengan memburu budak yang dianggap bermasalah.

Pertemuan dengan Ivankov

Salah satu budak tersebut adalah Kuma kecil. Kuma yang mencoba melarikan diri dari turnamen pembantaian ini, bertemu dengan budak lain yaitu Emporio Ivankov dan adik perumpuannya Jinny.

Ivankov mengetahui bahwa Kuma dijadikan sebagai target perburuan. Ia juga mengetahui bahwa Kuma adalah keturunan Buccaneer yang memiliki darah suku Raksasa. Jinny digambarkan sebagai seorang perempuan yang suka makan.

Wajahnya mirip dengan Jewelry Bonney ketika masih kecil. Tidak mengerankan jika para penggemar berasumsi bahwa Kuma menikah dengan Jinny dan mempuanyai anak Jewelry Bonney.

Tragedi God Valley

Rocks Pirate
Rocks Pirate

Saat ini negara God Valley sudah tidak ada lagi di peta dunia. Menurut cerita dari Garp, dahulu pernah terjadi pertempuran hebat antara marinir dan bajak laut Rocks yang beranggotakan Kaido, Big Mom, Shirohige, dan dipimpin oleh Rocks di God Valley.

Garp mendapat gelar pahlawan ketika ia berhasil mengalahkan bajak laut Rocks. Namun kemenangan ini tidak diraihnya sendirian, Garp bekerjasama dengan Gol D. Roger untuk bisa mengalahkan para monster ini.

Dalam kilas balik Kuma ini sepertinya akan menjelaskan tragedi God Valley yang selama ini masih menjadi misteri. Apa yang sebenarnya terjadi dengan Kuma? Saksikan cerita selanjutnya 2 minggu lagi.

Baca Komik One Piece 1095 Bahasa Indonesia

Komik One Piece Chapter 1095 terjemahan Bahasa Indonesia resmi meluncur pada hari Minggu 15 Oktober 2023 di website MangaPlus. Penggemar dapat membaca 3 chapter terakhir secara gratis dan legal.

Link Baca Komik One Piece Terbaru

MangaPlus adalah sebuah platform digital resmi yang menyediakan akses gratis dan legal ke berbagai judul manga populer. Platform ini dioperasikan oleh Shueisha, sebuah perusahaan penerbitan manga terkemuka di Jepang. Melalui MangaPlus, para penggemar manga dapat membaca chapter-chapter terbaru dari berbagai judul populer secara gratis.

TagsOne Piece

Artikel Lainnya

Artikel Terbaru