Review Komik One Piece 1098: Usia Bonney Sebenarnya

Baca komik One Piece Chapter 1098 terjemahan Bahasa Indonesia resmi di website MangaPlus

Handoyo Saputra | 12 November 2023

Jewelry bonney

Komik One Piece chapter 1098 yang berjudul kelahiran Bonney telah rilis. Chapter ini menceritakan masa kecil Bonney, bagaimana ia mendapat nama Jewelry, dan seperti apa hubungannya dengan Kuma.

2 tahun setelah Ginny diculik dan dipaksa menikah dengan Tenryuubito, ia berhasil turun dari Marijoa dan menghubungi Pasukan Revolusi melalui den den mushi. Tenryuubito sudah tidak menginginkan Ginny lagi karena ia menderita suatu penyakit.

Penyakit tersebut membuatnya tidak bisa berada dibawah cahaya matahari dan bulan. Jika ia terkena cahaya alami, maka tubuhnya akan berubah warna menjadi biru dan mengeras seperti batu. Ginny memaksakan diri untuk pulang ke kampung halamannya di kerajaan Sorbet.

Akibatnya penyakitnya makin parah dan membuatnya tidak terselamatkan. Sebelum ia menghembuskan nafas terakhir, ia mengungkapkan rasa cintanya kepada Kuma, namun Kuma tidak dapat mendengar kata-kata terakhirnya karena sudah teleportasi ke kerajaan Sorbet dengan kekuatan devil fruitnya.

Kelahiran Bonney

Ginny menghabiskan sisa tenaganya untuk menyeberangi lautan agar anaknya yang masih bayi dapat hidup dengan aman. Anak tersebut diberi nama Bonney, meskipun tidak memiliki hubungan darah dengan Kuma, namun Kuma merawatnya dengan sepenuh hati.

Saat ini masih belum diketahui siapa Tenryuubito yang menjadi ayah kandung Bonney, namun fakta bahwa Bonney memilik darah Tenryuubito menjelaskan banyak hal yang selama ini masih menjadi misteri.

Bonney pernah tertangkap oleh Akainu, namun anehnya Akainu tidak menyerang atau membunuhnya. Bahkan Bonney berhasil lolos dari marinir dan menyelinap ke Marijoa untuk menyelamatkan Kuma, namun berakhir dengan kegagalan dan dikurung di pusaran air laut sebelum ditemukan oleh kru topi jerami.

Bonney in kid form
Bonney in kid form

Masih Berusia 12 Tahun

Ginny diculik 14 tahun lalu, kemudian 2 tahun setelahnya ia melahirkan Bonney. Artinya Bonney saat ini masih berusia 12 tahun. Membuatnya menjadi bajak laut Worst Generation termuda dengan bounty mencapai 320 juta Berry setelah timeskip.

Kekuatan devil fruit Bonney membuatnya dapat memanipulasi usia objek termasuk dirinya sendiri dan orang lain yang berada di sekitarnya. Meskipun ia berpenampilan seperti wanita dewasa, namun tubuh aslinya baru berusia 12 tahun.

Mungkin itu sebabnya ketika ia dikurung dengan pusaran air laut, Bonney tampak seperti anak kecil karena air laut dapat menghapus kekuatan devil fruitnya. Sosok Bonney ini juga pernah diperlihatkan pada saat di Sabaody ketika ia menggagalkan Zoro yang hendak menyerang Tenryuubito.

Bonney and Zoro in Sabaody
Bonney and Zoro in Sabaody

Penyakit Saphire Scale

Bonney kecil menunjukkan gejala penyakit yang sama dengan Ginny. Terdapat bercak yang mirip dengan batu permata di bagian bawah mata kanannya. Para dokter di kerajaan Sorbet tidak ada yang mampu menyembuhkannya.

Demi merawat Bonney, Kuma memutuskan untuk keluar dari Pasukan Revolusi. Kuma melarang Bonney untuk keluar dari gereja agar tidak terkena sinar matahari. Anak-anak seusia Bonney banyak yang meledeknya karena takut dengan cahaya matahari.

Namun Kuma menghibur Bonney dengan mengatakan bahwa mereka hanya iri kepadamu karena kamu memiliki permata yang indah. Hal tersebut membuat Bonney kecil bahagia. Dari sinilah akhirnya ia mengambil nama Jewelry Bonney.

Sisa Umur Bonney

Seorang dokter mengatakan bahwa Bonney mengidap penyakit yang bernama Saphire Scale, tubuhnya akan dipenuhi oleh batu biru yang akan tumbuh dengan cepat ketika terpapar cahaya matahari atau bulan. Dokter tersebut memvonis usia Bonney hanya akan bertahan 5 tahun lagi.

Bonney mendengar obrolan tersebut, namun ia salah mengartikannya. Ia berpikir bahwa setelah berusia 10 tahun, ia akan sembuh dan dapat berpetualang ke pulau langit dan pulau manusia ikan. Kuma terpaksa berbohong dan mengikuti alur karena tidak tega jika melihat Bonney bersedih.

Pada chapter ini tidak dijelaskan bagaimana Bonney dapat sembuh dari penyakitnya. Namun ada beberapa spekulasi yang mungkin dapat menjawab pertanyaan tersebut.

1. Memindahkan penyakit Bonney dengan kekuatan Nikyu Nikyu no Mi

Kuma memiliki kemampuan untuk memindahkan rasa sakit orang lain seperti yang telah ia lakukan pada para lansia di desanya. Namun ia harus menanggung rasa sakit tersebut jika tidak ingin rasa sakit itu kembali ke pemilik asalnya.

Jika Kuma dapat memindahkan penyakit Bonney ke orang lain atau ke dirinya sendiri, maka Bonney akan dapat bertahan hidup. Namun hingga saat ini, belum ada konfirmasi apakah kekuatan Nikyu Nikyu no Mi dapat memindahkan penyakit.

2. Bantuan dari Vegapunk

Dragon memiliki koneksi dengan ilmuwan terhebat di dunia, yaitu Dr. Vegapunk. Dragon bisa saja meminta bantuan Vegapunk untuk mengobati penyakit Bonney. Sebagai gantinya, Kuma harus bersedia menjadi Shichibukai dan menjadi subjek percobaan untuk pengembangan Pacifista.

3. Kekuatan Toshi Toshi no Mi

Bonney memakan devil fruit Toshi Toshi no Mi, sebuah devil fruit tipe Paramecia yang membuatnya dapat memanipulasi umur semua objek termasuk dirinya sendiri. Mungkin saja devil fruit ini dapat memanipulasi penyakit Saphire Scale yang ada pada tubuhnya.

Hal ini juga terjadi pada Trafalgar Law ketika ia mengidap penyakit Amber Lead Syndrome. Pada saat itu tidak ada satupun dokter yang dapat menyembuhkan penyakitnya. Namun Corazon memberinya Ope Ope no Mi yang dapat menyembuhkan penyakit tersebut.

Ope Ope no Mi mungkin juga memiliki kemampuan untuk menyembuhkan penyakit Saphire Scale. Untuk mengetahui jawaban yang sebenarnya, mari kita tunggu cerita selanjutnya 2 minggu lagi.

Baca Komik One Piece 1098 Bahasa Indonesia

Komik  One Piece Chapter 1098 terjemahan Bahasa Indonesia resmi meluncur pada hari Minggu 12 November 2023 di website MangaPlus. Penggemar dapat membaca 3 chapter terakhir secara gratis dan legal.

Link Baca Komik One Piece Terbaru

MangaPlus adalah sebuah platform digital resmi yang menyediakan akses gratis dan legal ke berbagai judul manga populer. Platform ini dioperasikan oleh Shueisha, sebuah perusahaan penerbitan manga terkemuka di Jepang. Melalui MangaPlus, para penggemar manga dapat membaca chapter-chapter terbaru dari berbagai judul populer secara gratis.

TagsOne Piece
visibility 622

Artikel Lainnya

Artikel Terbaru