Seberapa Bagus Xerneas di Pokemon GO?

Xerneas adalah satu-satunya legendary bertipe Fairy di Pokemon GO saat ini. Legendary bertipe Fairy lainnya baru akan muncul pada generasi 7.

Handoyo Saputra | 1 Mei 2021

Xerneas Pokemon GO

Xerneas - the Life Pokemon adalah Legendary Pokemon bertipe Fairy dari Kalos Region (gen 6). Legenda mengatakan bahwa Xerneas dapat hidup abadi. Pokemon ini tidur selama seribu tahun dalam bentuk pohon sebelum kebangkitannya.

Xerneas adalah satu-satunya legendary bertipe Fairy di Pokemon GO saat ini. Legendary bertipe Fairy lainnya baru akan muncul pada generasi 7 yaitu Magearna (gen 7), Tapu Fini (gen 7), Tapu Koko (gen 7), Tapu Lele (gen 7), Tapu Bulu (gen 7), dan Zacian (gen 8).

Xerneas lemah terhadap Poison dan Steel. Counter terbaik untuk melawan pokemon ini pada raid battle menurut Pokebattler adalah Metagross (Bullet Punch - Meteor Mash), Dialga (Metal Claw - Iron Head), Genesect (Metal Claw - Magnet Bomb), Excadrill (Metal Claw - Iron Head), Roserade (Poison Jab - Sludge Bomb) dan Gengar (Lick/Shadow Claw - Sludge Bomb).

xerneas counter

Sebagai pokemon bertipe Fairy Xerneas kebal terhadap Dragon (2x resistances), Bug, Dark, dan Fighting. Pokemon ini mengalami weather boosted pada cuaca Cloudy. Xerneas pertama kali dirilis di Pokemon GO pada event Luminious Legends X tanggal 4 Mei 2021 pukul 10:00 am.

Xerneas memiliki base stat yang sangat bagus dengan attack 250, defense 185, stamina 246, dan max CP pada level 50 yaitu 4275. Sebagai perbandingan pokemon bertipe Fairy terbaik saat ini Gardevoir hanya memiliki attack stat 237, defense 195, stamina 169, dan max CP 3497.

Xerneas seharusnya menjadi pokemon bertipe Fairy terkuat di Pokemon GO, namun sayangnya Niantic tidak memberi moveset yang optimal. Xerneas hanya memiliki akses fast move Tackle (Normal) dan Zen Headbutt (Psychic).

Sedangkan untuk charge move Xerneas dapat mempelajari Moonblast, Close Combat, Megahorn, Giga Impact, dan Thunder. Jika ingin menggunakan Xerneas sebagai Fairy attacker untuk raid battle sebaiknya menggunakan Tackle - Moonblast.

Sebagai gambaran untuk PVE raid battle melawan Hydreigon (Dark/Dragon) yang double weakness terhadap Fairy, berdasarkan data dari Pokebattler (tanpa shadow dan mega) Xerneas menempati urutan ke 23 dengan moveset Tackle - Moonblast.

Urutan pertama dan kedua ditempati oleh Gardevoir dan Togekiss. Hal tersebut dikarenakan Gardevoir dan Togekiss memiliki akses ke Charm dan Dazling Gleam. Selama Xerneas tidak memiliki akses ke moveset tersebut, Xerneas akan tertinggal jauh dengan pokemon Fairy lainnya yang bahkan bukan Legendary.

Sedangkan untuk PVP, moveset yang terbaik untuk Xerneas adalah Tackle - Moonblast dan Close Combat. Tidak banyak pokemon bertipe fairy yang meiliki akses ke charge move bertipe fighting. Hal ini berguna ketika bertemu musuh bertipe steel yang menjadi kelemahan Xerneas.

Kesimpulan: Xerneas memiliki potensi sebagai pokemon bertipe Fairy terkuat di Pokemon GO. Namun karena memiliki moveset yang tidak bagus, pokemon ini menjadi tidak relevan baik untuk PVE maupun PVP. Xerneas akan menjadi meta relevan ketika mendapat fast move Charm.

Disclaimer: Niantic dapat mengubah moveset pokemon sewaktu-waktu. Jika ada saran pokemon apa yang ingin dibahas di KaptenTekno, tulis di komentar!

TagsPokemon GO
visibility 7.592

Artikel Lainnya

Artikel Terbaru