Semua yang Perlu Diketahui tentang Rute di Pokemon GO

Rute adalah jalur permainan yang telah ditentukan sebelumnya, yang dapat diikuti oleh para pemain saat menjelajahi lokasi di dalam game

Handoyo Saputra | 21 Juli 2023

Pokemon GO routes

Sebuah fitur baru telah hadir dalam permainan Pokémon GO! fitur menarik ini memungkinkan para pemain untuk menciptakan dan menjelajahi Rute.

Rute dalam Pokémon Go dirancang sebagai semacam tur, menghubungkan PokéStop dan Gym di dalam game dengan cara yang kreatif untuk mendorong para pemain bergerak dan menemukan landmark menarik.

Rute dapat berupa jalur pendek (500 meter) atau sangat panjang (hingga 20 kilometer), dan bahkan bisa berupa gambar menarik pada peta.

Fitur Rute hadir untuk memberikan pengalaman bermain yang lebih menarik, dengan menghadirkan jalur permainan yang menghubungkan lokasi-lokasi menarik atau yang sering digunakan oleh pemain lain untuk berkumpul.

Apa itu Rute dalam Pokémon GO?

Rute adalah jalur permainan yang telah ditentukan sebelumnya, yang dapat diikuti oleh para pemain saat menjelajahi. Jalur-jalur ini dapat dibuat oleh Niantic, mitra resmi, atau bahkan oleh para Pelatih Pokémon.

Dalam perjalanan menyusuri Rute, pemain berkesempatan untuk menemukan Pokémon langka dan berbagai Barang berharga.

Selain itu, menyelesaikan Rute akan memberikan hadiah yang menarik. Pemain juga akan diberi sebuah lencana yang unik, yang menampilkan gambar dari titik awal atau akhir Rute.

Menjelajahi Rute dalam Pokémon GO

menjelajahi rute di pokemon go

Mencari Rute dalam Pokémon GO sangatlah mudah. Pemain cukup mengetuk menu Teropong dan pilih tab Rute untuk melihat daftar Rute yang tersedia di sekitarnya.

Daftar Rute ini akan menampilkan lokasi-lokasi yang berfungsi sebagai titik awal Rute. Pilih Rute yang menarik minatmu dan tinjau detailnya seperti jumlah pemain lain yang telah mengikuti Rute tersebut, jarak tempuh, serta perkiraan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikannya.

Membuat Rute Sendiri di Pokemon GO

Membuat Rute Sendiri di Pokemon GO

Tidak hanya itu, para pemain juga diberikan kesempatan untuk berkreasi dengan membuat Rute sendiri. Caranya sangat sederhana, cukup pilih PokéStop atau Gym sebagai titik awal Rute, kemudian tekan tombol "rekam" untuk mulai memetakan jalur Rute yang ingin diciptakan.

Tambahkan informasi menarik tentang Rute yang dibuat, dan jangan lupa untuk mengirimkannya untuk ditinjau agar bisa dinikmati oleh para pemain lainnya jika disetujui.

Pada bulan Oktober 2023, kemampuan untuk membuat Rute baru hanya tersedia untuk pemain dengan Level 40 atau lebih. Niantic mengumumkan akan segera memperluas akses untuk fitur pembuatan Rute baru ini.

Penting untuk dicatat bahwa pembuatan Rute tidak dapat dilakukan oleh Pemain yang masuk dengan akun anak melalui Pokémon Trainer Club atau Niantic Kids.

Sel Zygarde: Tingkatkan Kekuatan Pokémonmu

Zygarde Cells

Selain Rute menarik, para pemain juga akan menemukan item baru bernama Sel Zygarde. Zygarde, yang dikenal sebagai "Order Pokémon," hadir sebagai bagian dari cerita Penelitian Khusus yang baru bernama "Dari A hingga Zygarde."

Pemain dapat meningkatkan kekuatan Zygarde dengan menggunakan Sel Zygarde yang disimpan dalam Kubus Zygarde. Pelajari cara evolusi Zygarde di Pokemon GO!

Dalam bentuk lengkapnya, Zygarde memiliki kekuatan yang luar biasa dan mampu mengalahkan Pokémon Legendaris lainnya seperti Xerneas atau Yveltal.

zygarde pokemon go

Menyelesaikan Rute

Menyelesaikan Rute dalam Pokémon GO memberikan berbagai keuntungan. Setiap Rute yang berhasil diselesaikan akan memberikan lencana yang unik. 

Semakin banyak Rute yang diselesaikan, semakin tinggi level Lencana Rute dan semakin banyak hadiah-hadiah menarik yang bisa didapatkan.

Rute tidak akan dimulai hingga pemain berada cukup dekat dengan titik awal Rute. Jika pemain terlalu jauh dari titik awal, pesan akan muncul di tampilan peta.

Titik awal Rute akan ditandai dengan bendera biru di atas PokéStop pada tampilan peta, dan Rute akan otomatis dimulai begitu pemain berada cukup dekat dengan titik awal.

Ikuti jalur yang ditandai pada tampilan peta untuk mengikuti Rute. Saat pemain mengikuti Rute, jalur tersebut akan berubah warna untuk menunjukkan progress dalam menyelesaikan Rute.

Nikmati Bonus Menarik!

Untuk menarik para pemain untuk menjelajahi Rute, Niantic memberikan berbagai bonus menarik, antara lain:

  • Lencana Rute Baru: Dapatkan lencana yang unik setiap kali kamu menyelesaikan Rute.
  • Buddy Candy Lebih Cepat: Pemain akan mendapatkan Buddy Candy lebih cepat saat menjelajahi Rute.
  • Daya Tarik Incense yang Lebih Besar: Saat menjelajahi Rute untuk pertama kalinya, pemain akan menemukan lebih banyak Pokémon yang tertarik untuk datang.
  • Bonus XP: Pemain akan mendapatkan bonus XP ketika menyelesaikan Rute pertama setiap harinya. Jika pemain menyelesaikan Rute selama tujuh hari berturut-turut, pemain akan mendapatkan bonus XP yang lebih besar.
  • Hati Buddy: Pemain akan mendapatkan Buddy Heart setelah menyelesaikan Rute saat menjelajahi bersama pokemon Buddy-nya.

Saat ini, beberapa Rute sudah dibuat oleh Niantic, namun ada juga pemain Pokémon GO yang telah mulai membuat Rute sendiri.

Diharapkan Niantic memiliki rencana untuk terus mengembangkan fitur ini dan memberikan hadiah lebih menarik untuk mendorong pemain mengeksplorasi lokasi-lokasi yang belum pernah dijelajahinya.

TagsPokemon GO
visibility 5.313

Artikel Lainnya

Artikel Terbaru