Sony Merilis PlayStation 5 Digital Edition Tanpa Slot Cakram Optik

Ada 2 versi PS5 yang diperkenalkan yaitu versi standar yang memiliki slot Blu-ray drive dan versi Digital Edition

Handoyo Saputra | 12 Juni 2020

PlayStation 5
PlayStation

Konsol game terbaru dari Sony akhirnya resmi dirilis. Sebelumnya Sony sudah memperkenalkan controller dari PS5 ini terlebih dahulu yang diberi nama DualSense. Konsol PS5 mengusung warna hitam putih, serasi dengan controller-nya.

PS5 ini dapat berdiri secara vertikal maupun horizontal seperti Xbox Series X. Ada 2 versi PS5 yang diperkenalkan yaitu versi standar yang memiliki slot Blu-ray drive dan versi Digital Edition. Variasi Digital Edition tidak memiliki slot Blu-ray drive yang membuat konsol game lebih tipis.

Untuk versi Digital Edition, pengguna tidak perlu membeli cakram Blu-ray. Untuk memainkan game, pengguna dapat mengunduh versi digitalnya melalui PS Store. Meskipun Sony belum mengumumkan harga konsol PS5, namun versi Digital Edition diperkirakan akan lebih murah dibanding versi standarnya.

Namun tanpa adanya slot cakram optik, pengguna tidak dapat memainkan game-game fisik yang sudah dimilikinya. Pengguna juga tidak dapat memutar Blu-ray disk. Seperti yang kita ketahui, konsol game saat ini dapat digunakan juga sebagai pemutar Blu-ray.

Konsol PS5 menggunakan CPU 8 core AMD Zen 2 dan custom GPU berbasis AMD RDNA 2. Sony menggunakan SSD 825GB untuk mempercepat waktu load game. PS5 juga mendukung grafis 8K, 4K dengan 120Hz refresh rate, dan audio 3D.

Sony juga memperkenalkan beberapa aksesoris untuk PS5 seperti DualSense charging station, kamera HD, Pulse 3D wireless headset, dan media remote. Namun harga aksesoris ini juga belum diumumkan.

aksesoris

Pada tanggal 7 April 2020 lalu Sony sudah memperkenalkan DualSense, controller untuk PS5. DualSense dilengkapi dengan built-in microphone, haptic feedback, adaptive trigger, dan Tempest 3D AudioTech yang akan membuat pengalaman bermain game menjadi lebih menarik.

Konsol PS5 juga dapat diguakan untuk memainkan lebih dari 4000 judul game populer di PS4 saat ini. PS5 akan mulai dijual pada musim liburan namun belum diumumkan tanggal dan harganya.

TagsGame
visibility 1.039

Artikel Lainnya

Artikel Terbaru