Starlink, Proyek Internet Cepat dan Murah Berbasis Satelit

Proyek Starlink menjanjikan kecepatan internet 1 Gbps dengan latensi 30 ms.

Handoyo Saputra | 23 Juni 2020

visibility 926
Satellite Constellations

Internet merupakan salah satu kebutuhan yang penting pada era modern ini. Hampir setiap hari masyarakat urban memerlukan internet untuk berkomunikasi, bekerja, ataupun mencari hiburan.

Meskipun demikian, harga internet terbilang masih cukup mahal. Selain itu kecepatan internet sangat dipengaruhi oleh lokasi dan jaringan yang tersedia.

Untuk mengatasi masalah itu, Elon Musk melalui perusahaannya SpaceX membuat sebuah proyek untuk menghadirkan sistem komunikasi internet berbasis satelit yang memiliki peforma tinggi dengan hahrga terjangkau.

Proyek tersebut bernama Starlink. Starlink memanfaatkan konstelasi satelit yang beredar di orbit untuk menghadirkan koneksi internet ke seluruh dunia.

Pada Juni 2020 SpaceX sudah memiliki 420 satelit di orbit. Satelit tersebut diluncurkan menggunakan roket Falcon 9. Masing-masing roket membawa 60 satelit. SpaceX juga mulai mengundang pengguna untuk mengikuti beta testing koneksi internet Starlink. 

Pada halaman web resmi Starlink terdapat form untuk mengikuti berita tentang layanan Starlink apabila sudah tersedia di daerah pengguna. Untuk itu pengguna diminta mengisi email, negara, dan kode pos.

Starlink akan memulai beta testing pada musim panas ini di belahan bumi utara. Perusahaan tersebut akan memberi notifikasi kepada pengguna jika daerahnya sudah bisa mengakses jaringan internet Starlink berdasarkan kode pos.

starlink email

Tujuan utama dari proyek Starlink adalah memberi koneksi internet cepat untuk daerah yang belum terjangkau internet. Namun Elon Musk menerangkan bahwa Starlink juga akan memasar daerah urban dengan layanan internet murah.

Proyek Starlink menjanjikan kecepatan internet 1 Gbps dengan latensi 30 ms. Sebagai perbandingan, rata-rata kecepatan internet di UK adalah 64 Mbps. Sedangkan di Indonesia rata-rata kecepatan internetnya 15,5 Mbps.

Follow KaptenTekno di Twitter & Facebook

TagsBreaking News
TagsBusiness
TagsTechnology
visibility 926