TikTok Luncurkan Layanan Streaming Musik Baru: TikTok Music

TikTok Music memiliki potensi untuk menjadi pesaing serius bagi platform-platform streaming musik yang telah mapan

Handoyo Saputra | 14 Juli 2023

TikTok Music

TikTok, jaringan media sosial populer, baru saja meluncurkan layanan streaming musik bernama 'TikTok Music.' TikTok Music berfungsi mirip dengan platform streaming musik terkenal lainnya seperti Spotify, YouTube Music, Apple Music, dan sebagainya. 

Layanan streaming musik ini memungkinkan pengguna untuk mendengarkan berbagai lagu dan menyimpannya ke dalam perpustakaan pribadi untuk didengarkan secara offline. TikTok Music juga telah bekerja sama dengan label-label musik besar seperti Universal Music Group, Warner Music Group, dan Sony Music.

TikTok menggunakan algoritma yang canggih untuk memberikan rekomendasi musik serta kurasi personal kepada pengguna, sehingga membantu mereka menemukan lagu-lagu yang sedang viral di platform media sosial ini.

Fitur ini sangat menarik bagi generasi muda yang kerap kali terpikat oleh lagu-lagu tertentu dalam video TikTok. Terdapat juga fitur-fitur untuk membuat daftar putar kolaboratif, mengimpor perpustakaan musik dari platform lain, dan mencari lagu berdasarkan lirik.

TikTok juga menyertakan fungsi pengenalan lagu yang bekerja serupa dengan Shazam milik Apple. Pengguna juga dapat terhubung dengan elemen-elemen sosial seperti komentar pada lagu dan album melalui layanan streaming ini.

Saat ini, TikTok Music baru tersedia di Indonesia dan Brasil. Di Brasil, biaya langganan bulanan TikTok Music adalah $3,49, sama dengan harga Apple Music. Layanan streaming seringkali mengubah harga mereka agar sesuai dengan berbagai pasar. Di Amerika Serikat, Apple Music memiliki biaya langganan bulanan sebesar $10,99.

Biaya Langganan TikTok Music

Bagi para penggemar musik yang tertarik untuk menggunakan layanan streaming TikTok Music, berikut adalah biaya langganan yang dikenakan kepada pelanggan:

Biaya Langganan TikTok Music untuk Pengguna iOS

  • Di Brasil: Biaya langganan bulanan sebesar Rp 52.000
  • Di Indonesia: Biaya langganan bulanan sebesar Rp 49.000

Biaya Langganan TikTok Music untuk Pengguna Android

  • Di Indonesia: Biaya langganan bulanan sebesar Rp 44.000 untuk tahun pertama, kemudian menjadi Rp 49.000 per bulan pada tahun-tahun berikutnya.

Dengan peluncuran TikTok Music, persaingan di pasar streaming musik semakin memanas. TikTok Music memiliki keunggulan dalam hal aspek sosial dan viralitas lagu-lagu yang populer di platform TikTok.

Melalui algoritma cerdasnya, TikTok Music dapat memberikan pengalaman mendengarkan musik yang unik dan dipersonalisasi kepada para penggunanya. Walaupun masih dalam tahap awal, TikTok Music memiliki potensi untuk menjadi pesaing serius bagi platform-platform streaming musik yang telah mapan.

Pada masa mendatang, TikTok Music berencana untuk memperluas jangkauannya ke negara-negara lain. Dengan kolaborasi yang kuat dengan label musik ternama dan fitur-fitur inovatifnya, TikTok Music dapat membangun pangsa pasar yang lebih besar dan menghadirkan pengalaman mendengarkan musik yang menarik bagi pengguna di seluruh dunia.

Pasar streaming musik terus berkembang dan berubah. TikTok Music hadir sebagai pesaing baru yang menarik, menawarkan nuansa segar dalam dunia musik digital. Para penggemar musik di Brasil dan Indonesia kini dapat menikmati layanan streaming musik TikTok Music, sambil menunggu ekspansi TikTok Music ke negara-negara lain.

TagsBreaking News
TagsTechnology

Artikel Lainnya

Artikel Terbaru