Tips Memilih Drone yang Bagus untuk Fotografi Udara

Fotografi udara atau Aerial Photography adalah teknik memotret permukaan bumi menggunakan kamera yang dipasang di drone atau satelit yang mengorbit di luar angkasa

Handoyo Saputra | 10 Oktober 2022

visibility 3.469
drone

Drone merupakan pesawat tanpa pilot yang dikendalikan secara otomatis melalui program komputer atau melalui kendali jarak jauh. Awalnya drone hanya digunakan oleh militer saja. Namun saat ini drone sudah banyak digunakan untuk kebutuhan sipil.

Drone dapat dibedakan menjadi 2 jenis yaitu multicopter dan fixed wing. Drone jenis multicopter memanfaatkan putaran baling-baling untuk terbang, sedangkan drone jenis fixed wing memiliki bentuk seperti pesawat terbang dan memerlukan desain aerodinamika pada sayap dan badannya.

Drone dapat dimanfaatkan di berbagai bidang seperti pengawasan insfratuktur, pemadam kebakaran hutan, pemetaan daerah pertanian, pengiriman paket barang, atau fotografi udara.

Fotografi udara atau Aerial Photography adalah teknik memotret permukaan bumi atau fitur atmosfer dan hidrosfer menggunakan kamera yang dipasang di pesawat terbang, roket, drone, atau satelit yang mengorbit di luar angkasa. 

Untuk mendapat kualitas foto udara yang bagus tentunya diperlukan drone yang bagus pula. Berikut adalah tips untuk memilih drone yang cocok untuk fotografi udara.

1. Mampu terbang dengan stabil

Drone harus memiliki kemampuan terbang yang stabil agar gambar yang dihasilkan tidak buram. Drone yang bagus adalah drone yang memiliki sistem penyeimbang kamera.

Sistem penyeimbang kamera sangat penting bagi drone untuk menangani guncangan dari baling-baling drone itu sendiri dan dari hembusan angin kencang sehingga tidak membuat foto menjadi goyang.

2. Kualitas kamera yang bagus

Sensor kamera pada drone mempengaruhi kualitas gambar yang dihasilkan. Jika Anda perlu untuk merekam video sinematik sebaiknya memilih drone yang mendukung kualitas 4K.

Dengan video beresolusi 4K Anda mendapat lebih banyak piksel sehingga kualitas video lebih tajam. Namun jika Anda hanya perlu mengambil video yang nantinya akan diunggah ke media sosial maka drone dengan kualitas 1080p sudah cukup.

3. Mendukung format RAW

Format RAW atau DNG adalah format mentah foto. Format ini sangat berguna jika Anda perlu untuk mengedit hasil foto di aplikasi seperti Photoshop atau Lightroom.

Foto dengan format RAW menyimpan semua data yang diterima oleh sensor kamera dan kemudian dapat dimanfaatkan untuk proses pengeditan.

4. Ketahanan baterai dan jangkauan terbang

Rata-rata durasi terbang drone adalah 20 menit. Sebaiknya Anda memilih drone dengan durasi terbang yang cukup lama untuk mendapat foto yang lebih banyak.

Perhatikan juga jangkauan terbangnya, jika Anda memerlukan drone yang bisa terbang jauh untuk mengambil gambar pemandangan sebaiknya pilihlah drone dengan jangkauan terbang yang jauh. 

Saat ini ada banyak sekali merk drone yang beredar di pasar. Setiap drone memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dilansir dari ceklist.id, berikut adalah 3 daftar rekomendasi merk drone terbaik di pasaran:

  • Drone Merk DJI 
  • Drone Merk Autel
  • Drone Merk Fimi

Follow KaptenTekno di Twitter & Facebook

TagsGadget
TagsTechnology
TagsTips & Trick
visibility 3.469