Tips Packing Barang yang Aman untuk Pengiriman Antar Pulau

Jarak bukan lagi menjadi halangan untuk berbelanja online

Handoyo Saputra | 8 November 2022

visibility 803
ekspedisi

Kaum milenial pasti sudah tidak asing lagi dengan belanja online. Saat ini hampir semua barang dapat dibeli secara online mulai dari pakaian, makanan, perabotan rumah tangga, elektronik, kosmetik dan lain-lain.

Ramainya belanja online juga didukung dengan jumlah marketplace yang semakin banyak dan jasa pengiriman yang semakin mudah. Jarak bukan lagi menjadi halangan untuk berbelanja online.

Salah satu hal yang menjadi tantangan ketika berbelanja online adalah memastikan bahwa barang yang dikirim tetap utuh dan dalam kondisi bagus saat sampai ke tangan penerima.

Untuk mengirim barang ke lokasi yang jauh seperti ke luar pulau sebaiknya perhatikan lagi cara Anda dalam mengemas barang. Berikut adalah tips packing barang yang aman untuk pengiriman antar pulau:

1. Gunakan box yang kokoh

Jika barang yang ingin Anda kirim adalah barang padat yang bisa patah sebaiknya gunakan box yang kokoh karena lebih tahan banting. 

Pengiriman ke luar pulau biasanya memakan waktu kurang lebih satu minggu, selama itu barang yang kita kirim akan ditumpuk dengan barang lainnya. 

Jika tidak menggunakan box yang kokoh maka box tersebut pasti akan penyot. Biasanya ekspedisi juga memberi layanan untuk packing dengan kayu untuk barang-barang elektronik dan barang mudah pecah.

2. Bungkus barang menggunakan bubble wrap

Agar barang yang dikirim lebih aman, sebaiknya bungkus barang secara berlapis menggunakan bubble wrap. Bubble wrap dapat dibeli seharga 5.000 rupiah per meternya.

Bubble wrap sangat penting untuk pengiriman jarak jauh. Hal ini beguna untuk mengamankan barang dari benturan pada saat pengiriman. 

3. Tambahkan sticker Fragile

Untuk barang-barang yang mudah pecah jangan sampai lupa menambahkan sticker fragile. Hal ini bertujuan agar kurir lebih hati-hati dengan barang yang kita kirim.

4. Gunakan asuransi pengiriman barang

Biasanya ekspedisi menyediakan layanan asuransi pengiriman barang dengan menambah biaya ongkir. Ini untuk berjaga-jaga jika barang yang kita kirim mengalami masalah diperjalanan seperti hilang atau rusak.

5. Gunakan jasa ekspedisi yang terpercaya

Pilihlah ekspedisi yang sudah terbukti aman dalam pengiriman barang ke luar pulau. Pastikan ekspedisi yang Anda gunakan melayani pengiriman ke pulau yang Anda tuju.

Sebagai contoh jika Anda ingin mengirim barang dari Jawa ke Sulawesi, Anda dapat menggunakan Jasa Ekspedisi Surabaya Palu dari KlikLogistik. 

Ekspedisi ini melayani pengiriman barang untuk perorangan, UMKM, perusahaan, koperasi, hingga pemerintahan. KlikLogistik juga menyediakan Jasa Cargo Surabaya Palu untuk mengirim barang dalam jumlah besar.

Itulah tips packing barang yang aman untuk pengiriman antar pulau dari KaptenTekno. Terapkan tips-tips diatas agar pengiriman Anda lancar dan aman.

Follow KaptenTekno di Twitter & Facebook

TagsTips & Trick
visibility 803