Tokopedia Mengganti TokoCash dengan OVO Karena Belum Memiliki Lisensi E-Money

Pastikan nomor HP yang didaftarkan di OVO sama dengan nomor yang didaftarkan di Tokopedia

Handoyo Saputra | 5 November 2018

OVO

Image: Tokopedia

Mulai tanggal 31 Oktober 2018, Tokopedia secara resmi mengumumkan kerjasama dengan PT Visionet Internasional (OVO). Dengan adanya kerjasama ini pengguna dapat bertransaksi di Tokopedia menggunakan OVO Cash. Sebelumnya Tokopedia memiliki dompet digital TokoCash namun sempat dibekukan oleh Bank Indonesia pada bulan September 2017 karena belum memiliki lisensi E-Money.

Jika pengguna belum memiliki akun OVO maka harus mendaftarkan diri terlebih dahulu melalui aplikasi OVO yang dapat di instal di Android dan iOS. Untuk pengguna Android dapat menginstal OVO melalui PlayStore di link berikut ini. Sedangakn untuk pengguna iOS dapat menginstal OVO melalui App Store pada link berikut.

Pengguna akan diminta untuk memasukkan nomor HP untuk mengaktifkan akun OVO. Pastikan nomor HP yang didaftarkan di OVO sama dengan nomor yang didaftarkan di Tokopedia. Apabila akun OVO di Tokopedia sudah aktif, semua saldo TokoCash akan dipindahkan secara otomatis ke OVO Cash.

Dilansir dari KompasTekno, kerjasama OVO dengan Tokopedia ini merupakan strategi 3 pilar untuk mempromosikan pembayaran digital di Indonesia. 3 pilar tersebut adalah:

  1. Ritel seperti Mal, Warung, Toko, dan lainnya,
  2. Layanan Online-to-Offline seperti kemitraan dengan Grab,
  3. E-Commerce.

Sebelumnya OVO juga telah bekerjasama dengan Grab untuk menjadikan OVO sebagai media pembayaran cashless seperti Go-Pay pada Go-Jek. OVO juga dapat digunakan untuk berbelanja offline di toko ritel rekanannya. Jumlah basis pengguna OVO saat ini mencapai 60 juta pengguna.

Melalui kemitraan dengan Tokopedia tentunya akan menambah basis pengguna OVO. Saat ini terdapat 80 juta pengguna aktif bulanan Tokopedia. Jika semua pengguna Tokopedia beralih menggunakan OVO sebagai media pembayarannya, artinya jumlah pengguna OVO akan bertambah secara signifikan.

Follow KaptenTekno di Twitter & Facebook

TagsBreaking News
TagsBusiness
TagsTechnology