Update Windows 10 Versi 1809 Bulan Oktober 2018 dapat Menyebabkan File Terhapus Secara Permanen

Sejumlah pengguna di Reddit mengeluhkan file di harddisknya menghilang secara permanen setelah menginstal update windows 10 versi 1809

Handoyo Saputra | 7 Oktober 2018

Windows 10
Gizmodo

Microsoft baru saja meluncurkan update terbaru untuk pengguna Windows 10 pada bulan Oktober 2018. Namun update tersebut tidak berjalan mulus. Sejumlah pengguna Reddit mengeluhkan data pada komputernya terhapus secara permanen setelah menginstal update versi 1809. 

Tidak semua pengguna yang telah update mengalami masalah ini, namun beberapa orang menyatakan bahwa data pada My Documents, Pictures, Music, Videos tiba-tiba menghilang. Data yang hilang tersebut tidak ada pada Recycle Bin ataupun Windows.old yang artinya telah benar-benar terhapus secara permanen.

Jika dilihat dari lokasi data yang hilang sepertinya kehilangan data tersebut hanya terjadi pada system drive (biasanya berada pada C://). Namun pengguna Reddit lain menyatakan bahwa dia kehilangan data yang diletakkan pada drive D://

Aku kehilangan folder pada D:Document. Ini tidak kuatur sebagai documents library dan bahkan tidak berada pada system drive! Aku tidak memiliki backup untuk file ini karena aku pikir system update tidak akan menyentuh drive yang bukan system drive.

Saat ini masih belum diketahui penyebab kehilangan file ini. Namun setelah kejadian ini, Microsoft menghentikan sementara update Windows 10 Oktober 2018 versi 1809 untuk menyelidiki masalah tersebut.

Jika komputer anda menyarankan untuk melakukan update windows, perhatikan kode updatenya. Jika kode update adalah 1809 sebaiknya batalkan update untuk saat ini untuk menghindari kehilangan data.

TagsBreaking News
TagsTechnology
visibility 847

Artikel Lainnya

Artikel Terbaru