Wallpaper ini Bisa Membuat HP Rusak Sampai Kehilangan Semua Data

Saat dijadikan wallpaper, foto ini menyebabkan UI sistem mengalami crash dan menyebabkan ponsel melakukan reboot yang berulang-ulang

Handoyo Saputra | 3 Juni 2020

visibility 2.754
Foto pemandangan danau

Sebuah foto pemandangan danau dan pegunungan di sore hari yang disertai dengan langit berwarna oren mendadak menjadi viral di media sosial. Hal ini disebabkan karena foto tersebut dapat menyebabkan ponsel Android mengalami crash jika dijadikan wallpaper.

Informasi ini berasal dari akun twitter @UniversIce. Dalam kicauannya ia memberi peringatan untuk tidak menggunakan foto tersebut sebagai wallpaper di ponsel Android. Jika ada orang yang mengirimkan foto ini hiraukan saja.

"Awas !!! Jangan pernah memasang foto ini menjadi wallpaper, terutama bagi Anda pengguna ponsel Android! foto ini akan membuat ponsel Anda crash! Jangan dicoba! Jika seseorang mengirim foto ini, abaikan saja," tulis @UniverseIce pada akun twitternya.

Meskipun foto ini dapat menyebabkan ponsel menjadi crash jika digunakan sebagai wallpaper atau lock screen, namun foto ini tidak menimbulkan masalah jika hanya disimpan di galeri ponsel.

Belum diketahui secara pasti alasan kenapa foto ini menyebabkan ponsel menjadi crash, namun beberapa teori menyebutkan bahwa masalah tersebut terjadi karena spektrum warna. Foto tersebut memiliki color space yang lebih besar daripada foto pada umumnya. 

Saat dijadikan wallpaper, hal tersebut menyebabkan UI sistem mengalami crash dan menyebabkan ponsel melakukan reboot yang berulang-ulang. Untuk mengatasi masalah tersebut dapat dilakukan dengan menyetting ponsel melalui bootloader atau masuk ke safe mode dan kemudian menghapus foto tersebut. 

Namun pengguna yang tidak beruntung terpaksa harus melakukan reset pengaturan pabrik yang menyebabkan seluruh data pada ponsel menjadi hilang. 

Tidak semua ponsel Android mengalami masalah ini. Namun beberapa ponsel Samsung dan Google Pixel dilaporkan terdampak masalah ini. Ponsel Android lainnya seperti Xiaomi dan OnePlus dilaporkan tidak mengalami masalah tersebut ketika menjadikan foto ini sebagai wallpaper.

Follow KaptenTekno di Twitter & Facebook

TagsBreaking News
visibility 2.754