Cara Menggunakan Metode PUT dalam Form HTML di Laravel

Metode PUT adalah salah satu metode yang digunakan dalam RESTful API untuk mengirimkan permintaan update ke server

Handoyo Saputra | 12 Juli 2023

cara membuat route laravel

Dalam pengembangan aplikasi web dengan Laravel, sering kali kita perlu mengupdate data yang ada di database. Metode PUT merupakan salah satu metode yang digunakan untuk mengirimkan permintaan update ke server.

Namun, HTML secara langsung tidak mendukung metode PUT dalam elemen form. Untungnya, dengan bantuan Laravel, kita dapat menggunakan metode spoofing untuk mengatasi ini. Artikel ini akan membahas cara menggunakan metode PUT dalam form HTML di Laravel.

Langkah 1: Menyiapkan Form HTML

Pertama, buatlah elemen form HTML dengan menggunakan directive @method('PUT'). Misalnya, jika kita ingin mengupdate data pengguna, kita dapat membuat form dengan atribut action yang mengarah ke route yang menangani update pengguna.

<form action="{{ route('users.update', $user->id) }}" method="POST">
    @method('PUT')
    @csrf
    <!-- Masukkan field dan input lainnya -->
    <button type="submit">Update</button>
</form>

Langkah 2: Mengatur Route

Selanjutnya, pastikan kita memiliki route yang sesuai dengan form tersebut. Dalam contoh di atas, kita menggunakan route dengan nama 'users.update' yang mengarah ke controller yang menangani update pengguna.

Route::put('/users/{id}', [UserController::class, 'update'])->name('users.update');

Langkah 3: Mengatur Controller

Di dalam controller, buatlah metode update yang akan menangani permintaan update pengguna. Gunakan parameter $id untuk mengidentifikasi pengguna yang akan diupdate.

public function update($id)
{
    // Lakukan validasi dan perbarui data pengguna sesuai kebutuhan
    // ...

    // Redirect atau tampilkan pesan sukses
    // ...
}

Langkah 4: Validasi dan Perbarui Data

Di dalam metode update, lakukan validasi data dan perbarui data pengguna sesuai kebutuhan. Gunakan $id untuk mengidentifikasi pengguna yang akan diupdate. Setelah data berhasil diperbarui, kita dapat melakukan redirect ke halaman yang diinginkan atau menampilkan pesan sukses kepada pengguna.

Langkah 5: Mengamankan Form dengan CSRF Protection

Terakhir, jangan lupa untuk menyertakan directive @csrf dalam form HTML. Directive ini digunakan untuk melindungi form dari serangan CSRF (Cross-Site Request Forgery) dengan menambahkan token CSRF ke setiap permintaan.

Dengan demikian, kita telah berhasil menggunakan metode PUT dalam form HTML di Laravel menggunakan metode spoofing. Sekarang kita dapat mengupdate data dengan menggunakan metode PUT dalam aplikasi Laravel kita.

Menggunakan @method('PUT') dalam form HTML di Laravel adalah cara yang umum digunakan untuk mengatasi keterbatasan metode PUT dalam HTML. Dengan menggunakan metode spoofing, kita dapat memanfaatkan metode PUT yang dibutuhkan untuk mengirimkan permintaan update ke server.

Semoga tutorial ini membantu Anda dalam memahami dan mengimplementasikan metode PUT dalam form HTML di Laravel. Selamat mengembangkan aplikasi web Anda dengan Laravel!

TagsCoding
visibility 1.395

Artikel Lainnya

Artikel Terbaru